Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Bukan hanya menyehatkan, lari telah menjadi ajang eksistensi. Bagi kebanyakan anak muda, run is a new lifestyle. Lomba lari berbentuk fun marathon, hingga kemeriahan lari dengan taburan serbuk warna-warni mengadaptasi festival of colours dari India, memadati kalender penggemar lari di tanah air.

“Virus” lari sebagai gaya hidup disebarkan pertama kali oleh Indo Runners, komunitas penggemar lari terbesar di Indonesia, pada 2009. Indo Runners memperkenalkan olahraga lari sebagai aktivitas menyenangkan dengan menggelar kegiatan lari bareng sepulang jam kerja di kawasan Senayan, Jakarta Selatan.

Kampanye Indo Runners berhasil memoles imej baru olahraga lari sebagai sebuah gaya hidup kaum metropolis. Generasi milenial kini lebih memedulikan pentingnya kesehatan. Pelengkapan lari pun berkembang lebih variatif dan kekinian. Tak lagi sebatas apparel lari, seperti kaos dan celana, serta sepatu lari khusus.

Fitness tracker kini menjadi salah satu perlengkapan lari wajib dimiliki pencandu lari. Fitness tracker bisa berupa smartwatch, gelang, atau kalung yang bisa dikoneksikan dengan aplikasi di smartphone. Fitness tracker ini membantu user untuk mengatur dan mengontrol aktivitas lari yang disesuaikan dengan kondisi tubuh.

Baca Juga :  Pembukaan DTIK Festival 2024 Berlangsung Meriah, Wali Kota Jaya Negara Dorong Generasi Muda Berinovasi Digital

Semisal, informasi mengenai detak jantung dan tekanan darah tubuh ketika berlari. Melalui informasi ini, user bisa mengatur jarak tempuh, waktu tempuh, hingga intensitas lari agar tidak justru menimbulkan masalah kesehatan, seperti kelelahan berlebih.

Fitness tracker berupa smartwatch menjadi pilihan yang paling digemari karena ringkas dan penampilannya yang oke. Sudah ada banyak pilihan smartwatch keluaran perusahaan-perusahaan teknologi dunia dengan ragam fitur yang ditawarkan untuk mendukung aktivitas lari.

Nah, bila kamu tertarik melengkapi aktivitas fun run dengan smartwatch, ada beberapa fitur yang harus diketahui. Pastikan smartwatch kamu memiliki beberapa fitur berikut ini:

  1. Fitur GPS. Fitur ini membantu kamu untuk memilih jalur lari, termasuk informasi jarak kilometer yang akan ditempuh. Fitur ini wajib ada bila kamu adalah tipe pelari petualangan yang hobi berlari di jalur-jalur baru.
  2. Koneksi smartphone. Bila smartwatch kamu memiliki fitur konektivitas jaringan seluler, kamu bisa melakukan panggilan telepon maupun mengirim pesan singkat. Ada juga smartwatch yang menawarkan konektivitas WIFI.
  3. Analisa data. Fitur ini yang paling penting bagi penggemar lari untuk mencatat rekaman detak jantung, tekanan darah, dan asupan oksigen selama berlari. Analisa data juga menginformasikan user jumlah kalori yang telah terbakar kurun jarak tempuh tertentu.
  4. Pemutar musik. Fitur pendukung berupa pemutar musik tentu tak bisa dilupakan. Bagi sebagian perlari, mendengarkan musik ketika berlari akan memompa semangat. Sementara sebagian pelari, musik adalah alat penenang. Kalau kamu?
Baca Juga :  Wali Kota Denpasar, Apresiasi Keterlibatan AMSI Bali Pada Pameran DTIK Festival 2024

Sudah siap memiliki smartwatch agar aktivitas lari kamu semakin menyenangkan? Berikut 7 smartwatch dengan fitur oke versi Priceprice.com yang bisa kamu cocokkan dengan kebutuhanmu.

1. Apple Watch Series 3 GPS 38mm. Hadir dengan 2 varian: GPS dan GPS + Cellular. Dilengkapi barimetric altimeter, teknologi GPS dan GLONASS, waterproof hingga kedalaman 50 meter.

Apple Watch Series 3 GPS 38mm

2. Samsung Galaxy Watch Active. Berlayar 1.1″ Full-Color AOD, Tizen OS 4.0, baterai 230 mAh. Terkoneksi untuk menerima pesan dan telepon masuk. Dilengkapi fitur penerjemah 15 bahasa.

Baca Juga :  Jaga Kesucian Ibadah Nyepi, Indosat Ooredoo Hutchison Hentikan Sementara Layanan Data Seluler di Bali
Samsung Galaxy Watch Active

3. Huawei Watch GT. Tahan air 5ATM, dilengkapi baterai internal 420 mAh (mampu hidup hingga 30 hari dalam mode jam untuk pemutaran GPS, pemantauan detak jantung, pesan dan panggilan keluar), dilengkapi HUWAEI AI (menyesuaikan data detak jantung yang akurat).

Huawei Watch GT

4. Sony SmartWatch 3 SWR50. Dilengkapi sistem operasi Android Wear, prosesor quad-core 1,2 Ghz RAM 512 MB, media penyimpanan internal berkapasitas 4 GB, baterai 420 mAH (untuk pemakaian 2 hari).

Sony SmartWatch 3 SWR50

5. Alcatel GO WATCH. Dilengkapi fitur pesan singkat dan telepon, monitor detak jantung, kalori, informasi tekanan udara, dan emotion pulse untuk mendeteksi perasaan user.

Alcatel GO WATCH

6. Apple Watch Nike+ Series 4 GPS 44mm. Dilengkapi layar display edge-to-edge yang besar, suara speaker 50 persen lebih keras, dan fitur fitness tracker.

Apple Watch Nike+ Series 4 GPS 44mm

7. ASUS ZenWatch (WI503Q). Dilengkapi 400×400-pixel AMOLED, waterproof, fitness tracker (jarak tempuh, workout data).

ASUS ZenWatch (WI503Q)

Itulah beberapa smartwatch rekomendasi yang bisa kamu cek langsung ke website priceprice.com untuk kamu bandingkan harga dan spesifikasinya dari tiap ecommerce sebelum memutuskan untuk membeli.(r/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News