Hosting Unlimited Indonesia

BALIPORTALNEWS.COM, JEPANG – Gelaran kompetisi instruktur safety riding tingkat internasional di The 20th Safety Japan Instructors Competition pada 3-4 Oktober 2019 di Suzuka, Jepang telah mengumumkan para pemenangnya.

Wakil Bali, I Gusti Ngurah Agung Iswahyudi berhasil  menduduki peringkat ke-3 di kelas 400cc dengan raihan poin 2.276. Perjuangan Iswahyudi dengan nomer dada 109 dalam mengikuti kompetisi melalui persaingan yang cukup ketat terutama dari wakil Thailand dengan perolehan point 2666.

Sebelumnya Iswahyudi bersama dengan seluruh peserta diuji mengenai berbagai pengetahuan keselamatan berkendara dan skill riding melalui ujian praktik. Dalam uji praktik, para peserta diuji keterampilannya dalam berkendara mencakup teknik pengereman, keseimbangan serta pengoperasian sepeda motor dan posisi berkendara yang baik dan benar dalam berbagai kondisi dalam sesi praktik braking, slalom course dan low speed balance.

Pada ujian edukasi, para peserta dituntut untuk memiliki kemampuan untuk mengajar dalam berbagai kasus yang diberikan oleh tim juri. Kompetisi tahun ini diikuti oleh 75 peserta dari 9 negara yakni Jepang, Indonesia, Singapura, Thailand, Vietnam, India, Taiwan, Australia dan Brazil di Suzuka Circuit Traffic Education Center, Jepang.

“Persaingan cukup berat, beban untuk meraih juara pasti ada, ditambah dengan kondisi hujan saat sesi low speed balance membuat saya cukup grogi. Walaupun belum menjadi juara pertama tapi pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan selama mengikuti kompetisi ini menambah pengetahuan tentang instruktur safety riding,” ungkap Iswahyudi.

Sementara itu prestasi yang diraih dari wakil dari Indonesia lainnya adalah di kelas 400cc, Ibnu Fachrizal instruktur safety riding asal Astra Motor Samarinda mempertahankan gelar juara pertama dengan raihan point 2.688, sekaligus mencatatkan dirinya menjadi yang terbaik pada Overall Group CB400. Sedangkan Samsul Falah dari main dealer PT Wahana Makmur Sejati berhasil meraih peringkat ketiga pada kelas 125cc dengan raihan poin 2.164.

“Prestasi para instruktur ini menjadi sebuah kebanggaan bagi Astra Motor serta membanggakan bagi Indonesia. Kami berharap ilmu keselamatan berkendara yang didapatkan pada gelaran ini, dapat ditularkan oleh para instruktur kepada masyarakat Indonesia khususnya para pengguna sepeda motor,” ungkap Thomas Pradu selaku Marketing Manager Astra Motor Bali.(tis/bpn)

loading...