BALIPORTALNEWS.COM – Astra Group Bali kembali melaksanakan program Astra Cerdas, kali ini kegiatan sosial yang dilakukan Astra dengan menyerahkan secara simbolis donasi berupa buku bacaan dan perlengkapan alat olahraga tradisional senilai Rp. 10.000.000 ke SD Pulugambang yang merupakan salah satu binaan Astra.

Hadir dalam kegiatan ini, Kepala sekolah SD Pulugambang dan guru beserta siswa siswi yang menyambut hangat kunjungan dari pihak group Astra Bali untuk melakukan serah terima yang diisi dengan tari penyambutan dan atraksi dengan menggunakan alat olahraga tradisional.

Kepala Sekolah SD Pulugambang, I Wayan Sudirpa S.Pd  mengatakan bantuan berupa alat olahraga tradisional yang diberikan sangat bermanfaat, alat olahraga yang diterima diantaranya dumpak, tarik tambang, tajok, tompah.

Kondisi saat ini sekolah tidak memiliki alat ini, sedangkan setiap tahunnya ada agenda lomba olahraga tradisional dari dari Dinas bidang olahraga, ketika ada perlombaan kami tidak bisa belajar untuk mempersiapkan lomba karena tidak memiliki alat ini.

Untuk buku perpustakaaan sebelumnya sudah menerima sumbangan, namun semua buku sudah dibaca semua siswa sehingga perlu replacement untuk buku perpustakaan baru.

Dengan bantuan ini siswa siswi bisa membaca buku di perpustakaan dan dapat menambah wawasan baru lagi karena kami juga menjalankan sistem literasi sesuai anjuran dari Dinas yaitu metode sebelum belajar di kelas siswa diharuskan membaca buku keperpustakaan selama 15 menit.

“Terima kasih Astra Bali yang telah memberikan bantuan, semoga anak-anak dapat bersemangat untuk berprestasi dan bantuannya ini akan kami jaga untuk kelangsungan proses belajar anak-anak di SD Pulugambang ini,” ungkap Wayan Sudirpa.

Dalam kesempatan itu pula perwakilan dari group Astra Bali Alexandra Dewi, menyampaikan sesuai filosofi Catur Dharma Astra yang pertama yakni Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara, Astra senantiasa berprinsip untuk memberikan manfaat bagi sekitarnya di mana pun instansi Astra berada.

“Sesuai empat pilar Astra (Astra Sehat, Astra Cerdas, Astra Hijau dan Astra Kreatif), Kegiatan ini sebagai wujud komitmen Astra untuk berkontribusi terhadap pendidikan sesuai dengan salah satu pilar Astra yaitu Astra Cerdas. Sebagai kelanjutan dari kegiatan yang telah dilakukan oleh Group Astra Bali, kami berharap bantuannya benar-benar dapat bermanfaat dan siswa lebih bersemangat untuk sehingga memperlancar proses belajar di sekolah,” ujar Alexandra Dewi.

Di bulan Oktober ini pula Group Astra Bali melaksanakan Pilar Astra Sehat yang berlangsung 18 Oktober 2019, dengan melakukan visit ke posyandu banjar Pulugambang yang merupakan banjar berseri binaan Astra. Pada kegiatan posyandu ini dilakukan penyerahan alat permainan edukatif dan tambahan dana PMT untuk periode 1 tahun di tahun 2019.

Sasaran dar kegiatan ini adalah bagaimana meningkatkan srata posyandu, meningkatkan kinerja posyandu, menjaga rutinitas kegiatan posyandu, yang bekerjasama dengan dinas Kesehatan kota Denpasar. Kegiatan ini merupakan program tahunan yang mana tahun ini adalah tahun ke 4. Pada tahun 2018 di lakukan sharing, pelatihan dan training yang mempertemukan seluruh kader posyandu binaan Astra, sebanyak 11 posyandu yang mendapatkan binaan dari Astra dan bekerjasama dengan volunteer dokter Indonesia.

Selain itu juga ditanggal 27 Oktober 2019, akan dilakukan penyerahan 50 tas ramah lingkungan kepada swakelola sampah di Pulugambang. Peserta dari swakelola ini adalah sekitar 30 orang yang berasal dari warga. Pemberian tas ini sebagai bentuk perangsang untuk anggota baru yang bergabung dengan harapan semakin banyak lagi anggota yang bergabung dan program lingkungan dapat berjalan maksimal. Kegiatan pengumpulan dan penimbangan sampah dilakukan setiap hari minggu yang mana para anggota membawa kumpulan sampahnya untuk ditimbang dan disini diharapkan adanya penambahan anggota baru untuk bergabung.(tis/bpn)