BALIPORTALNEWS.COM, JATINANGOR – Masa Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Padjadjaran tahun akademik 2019/2020 tingkat universitas akan berlangsung di kampus Jatinangor, 19 hingga 21 Agustus 2019. Rangkaian kegiatan PMB ini akan diikuti oleh seluruh mahasiswa baru program Sarjana reguler, PSDKU, dan Sarjana Terapan.

Ketua Pelaksana PMB Unpad Dr. Sri Susilawati, drg., M.Kes., mengatakan, ada beberapa tujuan yang ingin dicapai melalui kegiatan PMB Unpad. Sejumlah tujuan ini berkaitan dengan kesiapan mahasiswa baru memasuki dunia kampus.

“Pertama, setelah mengikuti PMB ini diharapkan mahasiswa baru dapat lebih mudah beradaptasi dengan dunia perguruan tinggi,” ujar dosen yang akrab disapa Susi ini kepada Kantor Komunikasi Publik Unpad, Kamis (16/8/2019) sore.

Tujuan selanjutnya yaitu mahasiswa dapat memahami nilai-nilai kemahasiswaan, wawasan kebangsaan, nilai-nilai kesundaan, hingga nilai-nilai keunpadan. Tidak lupa, lewat PMB tersebut, Unpad mengenalkan konsep green campus sebagai implementasi dari Pola Ilmiah Pokok Unpad “Bina Mulia Hukum dan Lingkungan Hidup dalam Pembangunan Nasional”.

Guna mengakomodasi tujuan tersebut, sejumlah kegiatan akan dilaksanakan dalam PMB Unpad. Secara garis besar, rangkaian kegiatan PMB di hari pertama yaitu mahasiswa baru akan mengikuti upacara penerimaan secara resmi oleh Senat Akademik Unpad.

Masih di hari pertama, PMB Unpad juga menghadirkan Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata. Alumnus Fakultas Ekonomi dan Bisnis angkatan 1989 ini juga akan menjadi narasumber dalam gelar wicara bertema “Menjadi SDM Berdaya Saing Unggul di Era Revolusi Industri 4.0”. Ridzki akan berbagai pengalamannya langsung di hadapan mahasiswa baru Unpad.

Kemudian di hari kedua, mahasiswa baru akan dikenalkan dengan beragam organisasi kemahasiswaan dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di lingkungan Unpad melalui kegiatan “Student Day”. Para organisasi dan UKM tersebut juga akan menampilkan aktivitasnya masing-masing.

Sementara di hari ketiga, acara “Student Day” akan menampilkan kegiatan Padjadjaran Welcoming Ceremony oleh tim Prabu Unpad, Prabu Awards, hingga kreasi mozaik yang dilakukan oleh mahasiswa baru.

Tema utama pada kegiatan PMB Unpad tahun ini adalah “Kolaborasi Padjadjaran untuk Harmoni Kebangsaan”. Tema ini merepresentasikan semangat kolaborasi yang harus dibangun oleh seluruh sivitas akademika. Semangat ini diharapkan sudah terjalin saat masih mahasiswa baru.

Dr. Susi mengharapkan, digelarnya serangkaian acara dalam PMB Unpad dapat mendorong mahasiswa baru lebih mengenal Unpad. Hal ini menjadi bekal bagi mahasiswa untuk cepat beradaptasi sehingga dapat mengikuti proses akademik dengan baik.(humas-unpad/bpn)