Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Kodam IX/Udayana terus mantapkan Pengamanan VVIP. Hal tersebut merupakan wujud tanggung jawab Kodam IX/Udayana sebagai Satuan TNI AD yang tiga wilayah propinsinya sering dijadikan tempat diselenggarakannya event-event berskala Nasional maupun Internasional.

Tindak lanjut agar keamanan setiap kegiatan VVIP dapat terlaksana dengan baik, maka Kodam IX/Udayana selaku Komando Operasi Pengamanan VVIP (Koopspam VVIP) secara terprogram menggelar latihan Pengamanan VVIP dimana pada TA 2019 ini telah dilaksanakan selama lima hari dan pada hari ini Sabtu (13/7/2019) Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., menutup kegiatan latihan dalam suatu upacara di Lapangan Nusa Dua, Badung.

Saat Upacara Penutupan Latihan Pengamanan VVIP Satuan Jajaran Kodam IX/Udayana TA 2019 tersebut Pangdam IX/Udayana mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara dan seluruh peserta latihan. Dengan berakhirnya latihan ini, masing-masing personel dapat dengan jelas mengetahui dan memahami tugas serta tanggung jawabnya dalam setiap melaksanakan tugas pengamanan VVIP di lapangan.

Latihan Pengamanan VVIP sangat penting dilaksanakan mengingat wilayah teritorial yang menjadi tanggung jawab Kodam IX/Udayana meliputi Provinsi Bali, NTB dan NTT sering dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan event-event berskala Nasional maupun Internasional. Sehingga Kodam IX/Udayana harus selalu siap untuk mengamankan setiap event yang tergelar, agar dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar.

Baca Juga :  Indosat Ooredoo Hutchison Mempersembahkan Kampanye ‘Indosat Berkah Ramadan 2024’

Pangdam berharap kepada seluruh peserta latihan agar mempedomani berbagai materi baik teori maupun praktek yang telah diajarkan dan dilatihkan serta dibuat Protap pengamanan untuk dijadikan sebagai acuan dalam pelaksanaan tugas pengamanan VVIP kedepan. Dengan menguasai materi pengamanan secara optimal, maka akan dapat mencegah, menanggulangi dan mengatasi setiap ancaman, tantangan serta gangguan potensial terhadap obyek Pam VVIP secara profesional dan proporsional.

Saat ditemui wartawan, Pangdam IX/Udayana menyampaikan evaluasi pelaksanaan latihan Pengamanan VVIP, bahwa semangat mengikuti materi latihan cukup baik dan dapat dilaksanakan oleh seluruh peserta dari awal hingga akhir latihan. Selain itu, penguasaan materi oleh peserta latihan cukup baik dan seluruh jadwal latihan dapat dilaksanakan sesuai rencana waktu, hal ini karena peserta latihan menepati perencanaan waktu yg disusun penyelenggara latihan. Sehingga dengan evaluasi ini menunjukkan bahwa satuan jajaran Kodam IX/Udayana selalu siap melaksanakan pengamanan utamanya Pengamanan VVIP.

Baca Juga :  Indosat Ooredoo Hutchison Mempersembahkan Kampanye ‘Indosat Berkah Ramadan 2024’

Dikaitkan dengan tugas pokok TNI sesuai Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI yaitu melaksanakan tugas OMP dan OMSP, dimana tugas pengamanan yang dilatihkan ini sesuai dengan tugas TNI diantaranya: mengamankan objek vital nasional yang bersifat strategis. Selanjutnya, mengamankan Presiden dan Wakil Presiden beserta keluarganya, serta membantu mengamankan tamu negara setingkat kepala negara dan perwakilan pemerintah asing yang sedang berada di Indonesia.

Pangdam juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak ITDC yang langsung dihadiri oleh I Gusti Ngurah Ardita selaku Managing Direktor ITDC The Nusa Dua dan pihak lainnya yang sudah menyediakan tempat untuk melaksanakan latihan pengamanan ini dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar, tutup Pangdam.

Baca Juga :  Indosat Ooredoo Hutchison Mempersembahkan Kampanye ‘Indosat Berkah Ramadan 2024’

Hadir dalam acara tersebut Kasdam IX/Udayana, Irdam IX/Udy, Danrem 163/WSA, Danrindam IX/Udy, Para Perwira Staf Ahli Pangdam IX/Udy, Asrendam IX/Udy, para Asisten Kasdam IX/Udy, Para Dan/Kabalakdam IX/Udy dan Tim Wasevlat Mabes TNI serta undangan lainnya. (erck/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News