BALIPORTALNEWS.COM – Delegasi UGM berhasil membawa pulang sembilan medali dari kompetisi Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON MIPA) 2019.

Dalam lomba yang berlangsung di Universitas Muslim Indonesia, Makasar pada tanggal 26-29 2019 tersebut, UGM sukses menyabet 1 medali emas, 4 medali perak, dan 3 medali perunggu. Ditambah dengan 1 buah medali Honorable Mention.

“Kami merasa bangga atas prestasi yang diraih delegasi UGM dalam kompetisi ini. Capaian ini merupakan hasil dari kerja keras para  mahasiswa dan harapannya di kompetisi tahun depan delegasi UGM bisa mendapat hasil yang lebih baik lagi,” kata Kasubdit Bidang Kreativitas Mahasiswa Direktorat Kemahasiswa UGM, Dr. Suherman, Kamis (2/5/2019) di Kampus UGM.

Suherman menjelaskan dalam kompetisi itu UGM mengirimkan 22 mahasiswa yang bertanding dalam empat bidang yaitu 6 mahasiswa bidang fisika, 5 mahasiswa bidang biologi, 5 mahasiswa bidang matematika, dan 6 mahasiswa bidang kimia. Dari keseluruhan mahasiswa tersebut sembilan orang diantarnya berhasil  mempersembahkan medali bagi UGM.

Medali emas diraih oleh Yustika Sari (Fakultas Biologi) dari bidang biologi. Selanjutnya 4 medali perak dipersembahkan oleh  Zayyani Trianti Fatmasari di bidang kimia (FMIPA), Satria Widyanto (FMIPA) di bidang Fisika, serta Muhammad Malhan Amin dan Ahmad Suyoko (Fakultas Biologi) dari bidang biologi.

Baca Juga :  Pangapti: Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjuangan Trans-Bali 1963 di Pelosok Way Kanan Lampung

Berikutnya, 3 medali perunggu diraih oleh Toto Budi Trapsilo (FMIPA) di bidang matematika, Aziz Albar R (FMIPA) di bidang fisika, dan Amelia Nur Khasanah (FKKMK) di bidang biologi. Lalu, 1 medali Honorable Mention diraih Waffiq Maaroja (FMIPA) di bidang Matematika.

“Dua mahasiswa kita yang berhasil meraih medali di bidang matematika berhak mengikuti seleksi ditingkat nasional untuk mewakili Indonesia di International Mathematic Competition (IMC) 2019 di Bulgaria,” imbuhnya.

Kompetisi ON MIPA merupakan olimpiade nasional yang rutin digelar setiap tahunnya oleh Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa) Kemenristekdikti. Memperlombakan empat bidang yakni matematika, fisika, kimia, dan biologi yang diikuti ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. (ika/humas-ugm/bpn)