BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabubupaten Badung bekerja sama dengan Sahabat Perpustakaan menggelar lomba membaca cerita tingkat TK, SD se- Badung. Acara ini dalam rangka Hari Buku Nasional dengan tema ”Satu buku harapan baru”.

Lomba ini dibuka oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung Ni Wayan Kristiani, Kamis (23/5/2019) di Mangupura Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung. Turut hadir Sekretaris Dinas Keasripan dan Perpustakaan Provinsi Bali IGB Wiryanata, beserta perwakilan OPD terkait, Kepala UPT se-Badung, Para Kepala Sekolah tingkat TK, SD, Percetakan Gramedia beserta para sahabat perpustakaan kabupaten Badung.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung, Ni Wayan Kristiani mengatakan, peningkatan kwalitas pendidikan tanpa disertai dengan peningkatan minat baca agak sulit dicapai, karena hampir sebagian besar ilmu pengetahuan tersimpan dalam buku-buku, sehingga kegemaran membaca menjadi sangat penting sebagai pondasi untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan penambah wawasan.

”Berdasarkan hasil pengamatan tingkat minat baca untuk siswa sekolah dasar di Kabupaten Badung masih perlu ditingkatkan, kami menghimbau kepada semua pihak agar bersama- sama berupaya agar minat baca para siswa kita dapat ditingkatkan melalui revitalisasi perpustakaan sekolah,” pungkas Wayan Kristiani.

Lebih lanjut dikatakan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan minat baca dan menumbuh kembangkan rasa cinta terhadap buku dikalangan para pelajar, serta menanamkan budi pekerti yang baik dan akhirnya akan dapat meningkatkan kwalitas Sumber Daya Manusia (SDM).

”Dilihat dalam undang-undang, Nomor 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan, dimana pemerintah wajib untuk menjamin kelangsungan penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan sebagai pusat belajar, sehingga terjamin layanan perpustakaan secara merata diseluruh tanah air,” imbuhnya.

Ketua Paitia Selaku Sahabat Perpustakaan Retno Utami mengatakan, maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk meningkatkan minat baca di masyarakat dan siswa dengan memberdayakan perpustakaan yang sudah tersedia, sedangkan tujuannya untuk merayakan hari buku Nasional untuk mendorong serta mengajak masyarakat untuk belajar secara terus menerus sepanjang hayat, menggelakkan gerakan membaca Nasional melalui pemberdayaan perpustakaan baik dilingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan pemerintah.

”Kegiatan ini diisi dengan kegiatan lomba-lomba yang diikuti oleh perwakilan dari 2 (dua) Kecamatan yang terdekat dengan wilayah Puspem yaitu Kecamatan Mengwi dan Kecamatan Kuta Utara,” kata Retno Utami.

Sementara itu di sela-sela dilaksanakannya acara ini,  Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung Ni Wayan Kristiani mengatakan, lomba minat baca ini sahabat perpustakaan melaksanakan acara dalam rangka hari buku Nasional.

”untuk memperingati hari buku nasional diadakannya berbagai lomba dari lomba becerita Guru Paud dan SD, lomba drama satu babak yang dilaksanakan antar SMP, berlangsung di sekitaran Puspem Badung,” ujar Ni Wayan Kristiani.

Dijelaskannya saat ini, untuk minat baca masyarakat dan anak-anak saat ini sangat kurang sehingga dengan diselenggarakannya kegiatan ini nantinya anak-anak dapat berpatisipasi beserta gurunya.

”Selain itu, untuk membantu mereka dengan menggiatkan minat baca  dengan  berbagai lomba untuk merangsang anak-anak untuk gemar membaca agar tidak dikalahkan dengan gadget,” imbuhnya. (humas-dps/bpn)

loading...