BALIPORTALNEWS.COM – Perayaan Dharma Santi Nyepi tahun ini sangat terasa bagi umat Hindu se-Indonesia, begitu pula yang dirasakan pemuda/mahasiswa Hindu yang ada di Palangka Raya.

Pada kesempatan hari raya Nyepi tahun baru caka 1941 kali ini pemuda/mahasiswa Hindu sepakat untuk membentuk panitia bersama guna membangun pondasi generasi Hindu yang kuat, sehingga harapannya generasi Hindu mampu menghadapi kemajuan jaman.

Kegiatan ini terinisiatif karena panitia bersama dilaksanakan pertama kali dilakukan pada tahun 2016 dan saat itu hanya 5 organisasi yang tergabung yaitu KMHDI, PMH-UPR, BEM IAHN-TP, BEM Betang Asi Palangka Raya dan Hima Kotim Palangka Raya, dengan kerinduan tersebut pada tahun 2019 seluruh Organisasi Hindu dan BEM serta Hima dikumpulkan untuk membentuk suatu kepanitian yaitu panitia bersama Dharma Santi Nyepi tahun 2019 hasil rapat semua organisasi maka diputuskan ada 10 organisasi tergabung yaitu KMHDI, DPK Peradah kota Palangka Raya, PMH UPR, BEM IAHN-TP, PUH Poltekes, PPMP-AHK kota Palangka Raya, STT Palangka Raya, BEM UPR, Hima Kotim, Himapakat.

“Dharma Santi Nyepi merupakan agenda puncak yang dilakukan panitia, dimana sebelum perayaan Dharma Santi panitia melaksanakan bakti sosial di pura pitamaha Palangka Raya, dan pembersihan halaman kuburan umat Hindu pal 2,5 Palangka Raya. puncaknya dilaksanakan pada hari ini Jum’at (5/4/2019) di Aula Palampang Tarung Palangka Raya,” ucap Yongky Agustar.

“Kegiatan Dharma Santi tahun ini mengambil tema “Melalui Catur Brata Penyepian Kita Sukseskan Pemilu Serentak 2019″ ini menjadi harapan besar dimana kami selaku pemuda mahasiswa Hindu wajib turut serta mensukseskan pesta demokrasi,” tambahnya.

Kegiatan dihadiri oleh gubernur Kalimantan Tengah yang diwakili staf ahli Yuas Elko, pembimas hindu provinsi Kalimantan Tengah Dra. Sisto Hartati, M.Si, dari pemerintah kota diwakili Asisten I Walikota Palangka Raya, KNPI kota Palangka Raya.

Turut hadir juga Ketua Karang Taruna provinsi Kalimantan tengah, Ketua KNPI Provinsi, Komandan Korem 102 Panju-Panjung, Polres Palangka Raya, PHDI, MB-AHK Pusat, MD-AHK Kota Palangka Raya. Kegiatan ini juga bekerja sama dengan KNPI kota Palangka Raya serta dibantu para donatur yang tidak mengikat.(humas-kmhdi/bpn)

loading...