BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Kumpulan mahasiswa yang tergabung dalam kelompok Cipayung Plus menjawab cuitan #MahasiswaLagiBoboSyantik. Cipayung Plus yang berisikan mahasiswa ini menegaskan mengawal Pemilu 2019 sampai akhir sesuai dengan konstitusi.

“Cipayung plus mengedepankan jalur-jalur konstitusional untuk mengawal pemilu ini. Puluhan penyelenggara baik petugas pengamanan merenggut nyawa dalam menjalankan tugasnya. Jangan sampai karena ketidakpuasan dalam menerima hasil Pemilu, lalu menggunakan jalur-jalur inkonstitusional dan memprovokasi publik yang mengarah pada gerakan-gerakan masa,” kata Ketua Presidium PP KMHDI  I Kadek Andre Nuaba di Jakarta, Selasa (23/4/2019).

Tagar #MahasiswaLagiBoboSyantik sempat menjadi trending topik di lini massa Twitter. Tagar ini menyindir peran mahasiswa dalam pesta demokrasi Pemilu 2019.

Andre menegaskan komitmen Cipayung Plus yang menaungi mahasiswa-mahasiswi dari HMI, PMII, GMNI, PMKRI, GMKI, IMM, KMHDI dan HIKMAHBUDHI tetap mengawal jalannya proses Pemilu 2019.

Cipayung Plus, lanjut Andre, juga menghimbau siapapun pemenang Pemilu 2019 untuk tidak menggunakan jalur-jalur di luar inkonstitusional. Cipayung Plus meminta untuk semua pihak menggunakan jalur konstitusional jika merasa tak puas dengan hasil Pemilu 2019 yang akan diumumkan oleh KPU pada 22 Mei 2019 mendatang.

“Dan terpenting, sudahi saling mengklaim kemenangan dalam Pemilu Serentak 2019 ini, apalagi sampai pada mobilisasi massa. Mari kita tunggu dan sama-sama kawal.hingga proses penghitungan suara selesai dilakukan KPU,” jelas Andre.

Terlepas dari adanya kekurangan dari penyelenggaraan Pemilu 2019, Andre meminta semua pihak untuk tetap tenang. Sebab, Indonesia baru pertama kali menggelar Pemilu serentak antara Pileg dan Pilpres di tahun 2019.

“Kita menyadari, tentu masih ada catatan dan kekurangan dalam penyelenggaraan Pemilu kali ini. Namun, jangan kemudian ada upaya penjeneralisasian untuk medelegitimasi hasil Pemilu.  Baiknya gunakan jalur konstitusional,” ungkap dia.

Terakhir, Cipayung Plus menghimbau kepada semua pihak baik peserta Pemilu 2019 maupun masyarakat untuk menunggu hasil penghitungan resmi dari KPU.

“Mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama bersabar menunggu hasil penghitungan KPU dan tidak bertindak inkonstitusional demi menjaga kondusifitas,” ujarnya.(humas-kmhdi/bpn)

loading...