BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Demi mewujudkan Denpasar yang bersih dan bebas sampah termasuk sampah plastik, Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan melakukan aksi serentak “Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik” yang dipusatkan disejumlah titik di Kota Denpasar.  Salah satunya yang dilaksanakan di areal pesisir Pantai Biaung Kesiman, pada Minggu (7/4/2019) pagi.

Kegiatan ini telah dimulai sejak pukul 07.00 WITA dengan bersama-sama seluruh OPD Pemkot Denpasar, siswa sekolah, unsur Sekehe Teruna-teruni dan seluruh unsur masyarakat lainnya. Dalam kegiatan ini DLHK Kota Denpasar juga menggandeng sejumlah komunitas lingkungan seperti Malu Dong, Komunitas Nuduk Sampah Plastik (KNSP), Trash Hero, Komunitas Sungai, dan Bank sampah se-Kota Denpasar. Dalam kesempatan tersebut juga turut diserahkan 20 Tong Sampah oleh Komunitas Nuduk Sampah Plastik (KNSP) yang diterima Kadis DLHK Kota Denpasar, I Ketut Wisada.

Kegiatan “Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik”  ini merupakan kegiatan yang dilakukan serentak di seluruh Kabupaten/Kota di Bali. Di Kota Denpasar, kegiatan ini dipusatkan di delapan titik pesisir Pantai diantaranya di pesisir Pantai Biaung, Muara Tangtu, Padang Galak, Pantai Matahari Terbit, Pantai Segara, Pantai Mertasari dan Pantai Semawang yang juga melibatkan ribuan peserta dari segala lapisan masyarakat. Selain juga dilakukan serentak di seluruh Desa dan Kelurahan di Kota Denpasar.

Baca Juga :  Sekda Wisnu Wijaya Pimpin Pelepasliaran 10 Ribu Tukik di Pantai Saba

Kadis DLHK, I Ketut Wisada didampingi Kabid Pengelolaan Sampah & Limbah B3, I Ketut Adi Wiguna, saat ditemui mengatakan kegiatan Gerakan Semesesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik serentak ini merupakan wujud konsistensi Pemkot Denpasar dalam mengawal penerapan Peraturan   Walikota Denpasar No 36 Tahun 2018 Tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik.

“Tujuan pelaksanaan kegiatan ini selain untuk menjaga kebersihan lingkungan juga sebagai bentuk edukasi agar  kedepannya masyarakat tidak lagi secara serampangan membuang sampah ke sungai dan gorong- gorong yang nantinya akan berakibat fatal mencemari wilayah pantai. Apalagi pantai di Kota Denpasar juga berfungsi sebagai kawsan suci dan destinasi pariwisata tentu kita wajib untuk menjaga kebersihan agar menarik minat para wisatawan yang berkunjug ke Kota Denpasar. Digandengnya komunitas lingkungan dalam kegiatan inilah juga sebagai edukasi bagi masyarakat mengenai bahaya sampah plastik,” ungkap Wisada

Baca Juga :  Viral Penjualan Pantai Pribadi, PC KMHDI Angkat Bicara

Lebih lanjut dituturkan Wisada, DLHK Kota Denpasar dalam Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik serentak diseluruh Kota Denpasar ini mengerahkan lebih kurang sekitar 40 armada pengangkutan sampah berupa Truck besar, Moci, BysonHilux dan Grandmax untuk mengangkut sampah yang dikumpulkan pada kegiatan serentak hari ini.

“Pemantauan di lapangan sampai saat ini, dominan yang terkumpulkan adalah sampah plastik berupa sedotan, bungkus snack juga ditemukan beberapa batang pohon yang semua nya merupakan sampah kiriman dari luar denpasar akibat perubahan arah angin dan gelombang besar. Sampah- sampah inilah yang nantinya dipilah antara sampah organik yang akan dibawa ke TPA sementra sampah anorganik akan diproses di bank sampah. Kurang lebih sekitar 66 Meter Kubik Sampah berhasil terkumpulkan di delapan titik bersih lingkungan di Kota Denpasar pada hari ini,” ujarnya.

Baca Juga :  Promo Kemerdekaan, Honda Tawarkan Hemat Serba 17

Salah satu peserta kegiatan bersih pantai, Yudik, siswa SDN 10 Kesiman mengaku sangat senang dapat berpartisipasi dalam aksi kebersihan lingkungan di Pantai Biaung ini. ”Tentu saja saya sangat antusias bersama 20 orang teman-teman sekolah saya melakukan kegiatan secara langsung dalam menjaga kebersighan dan kelestarian lingkungan ini. Setelah kegiatan ini tentu akan saya terapkan budaya bersih lingkungan di mana saja termasuk dirumah dan lingkungan sekitar saya. Edukasi bahaya sampah plastik yang diberikan kakak- kakak komunitas lingkungan juga banyak memberikan wawasan baru bagi saya dan teman-teman,” ujarnya.(humas-dps/bpn)