BALIPORTALNEWS.COM –  Universitas Padjadjaran bersama The NextDev Telkomsel menggelar kompetisi Hackathon bertajuk “Respectacular! Unpad Hackathon Weekend” yang digelar Jumat (22/3/2019) dan Sabtu (23/3/2019). Sekitar 100 peserta mengikuti kompetisi ini.

Kepala Kantor Tracer Study dan Career Development Center (TSCDC) Unpad Dr. Rosaria Mita Amalia, M.Hum., mengatakan, ajang ini merupakan kompetisi hack maraton yang bertujuan mencari solusi pengembangan digital yang berfokus pada penguatan Pusat Pengembangan Karir (Career Development Center) yang dimiliki Unpad.

“Unpad itu sudah punya Kantor TSCDC dan punya aplikasi mobile terkait CDC yang sudah diluncurkan. Kita terus berusaha mengembangkan aplikasi ini sehingga kebermanfaatannya makin terasa oleh sivitas akademika dan alumni,” kata Rosaria, Jumat (22/3/2019).

Baca Juga :  Gubernur Koster Bangun SMA Negeri 1 Abang Seluas 1,4 Hektar

Lewat kompetisi ini, peserta didorong untuk memecahkan masalah dan memberikan solusi dan inovasi terhadap pengembangan aplikasi mobile CDC Unpad. Solusi ini diharapkan dapat membangun aplikasi menjadi lebih komprehensif, khususnya mampu merangkul seluruh alumni Unpad di tingkat global.

“Unpad punya aset alumni tersebar di dalam dan luar negeri,” tambahnya.

Digelar selama dua hari, peserta akan dihadapkan pada sejumlah tahap perlombaan. Pada hari pertama, peserta dibagi menjadi 10 kelompok. Pembagian kelompok ini diharapkan dapat menciptakan kolaborasi sinergis dalam membangun produk digital dari nol hingga prototipe atau minimum viable product (MVP).

Baca Juga :  UGM Berdayakan Kelompok Wanita Tani di Bantul

Di hari kedua peserta diminta memperesentasikan prototipe tersebut di hadapan dewan juri. Pemenang Unpad Hackathon Weekend ditentukan berdasarkan beberapa kriteria penilaian, mulai dari inovasi ide dan konsep, kreativitas dan desain aplikasi, nilai tambah atau manfaat bagi pengguna, penggunaan teknologi, dampak/manfaat bagi masyarakat akademik, hingga potensi implementasi aplikasi dalam 1-2 tahun ke depan.

Pembukaan kompetisi Unpad Hackathon Weekend dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Tata Kelola, Perencanaan, dan Sistem Informasi Unpad Dr. Sigid Suseno, M.Hum., Direktur Tata Kelola dan Komunikasi Publik Unpad Aulia Iskandarsyah, PhD, dan General Manager Telkomsel Sales Regional Jawa Barat Agustiyono di Bale Santika Unpad, Jatinangor, Jumat (22/3/2019). (humas-unpad/bpn)