BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Omed-omedan atau med-medan dapat diartikan  tarik menarik, dimana tradisi ini dilaksanakan setiap setahun sekali tepatnya di hari ngembak geni sehari setelah hari raya Nyepi. Tradisi ini sudah diwariskan sejak tahun 1900an dan hanya dilaksanakan di Banjar Kaja Sesetan.

Sebagai bentuk dukungan dan komitmen terhadap tradisi budaya Bali, Astra Motor selaku Main Dealer Resmi sepeda Motor Honda wilayah Bali, kembali berpartisipasi melalui Corporate Social Responsility (CSR) Honda Untuk Bali dalam festival omed-omedan sebagai rangkaian perayaan Hari Nyepi Caka 1941, yang dilaksanakan oleh Sekaa Teruna Satya Dharma Kerti Banjar Kaja Sesetan, Jumat (8/3/2019).

Bentuk dukungan yang dipersembahkan Honda dalam festival ini, berupa support seragam pemuda pemudi, membuka booth Honda Mobile Cafe yang tentunya menyediakan berbagai macam fasilitas menarik bagi pengunjung yang dapat menunjukkan kartu Semeton Honda Bali.

Fasilitas yang diberikan diantaranya: gratis minuman dingin, snack, dan merchandise menarik yang kesemuanya itu didapatkan dengan mengunjungi booth tersebut. Tercatat 150 pengunjung yang membawa kartu semeton berbondong-bondong datang untuk mendapatkan fasilitas yang ditawarkan tersebut.

Festival Omed-omedan 2019 menampilkan parade seni tradisional , yang diikuti sekaa teruna dari banjar lain dan komunitas seni di wilayah Sesetan dengan menampilkan keunikan dan keistimewaan masing-masing.

Selain itu masyarakat juga di suguhkan dengan aneka makanan khas Bali dalam peken paiketan karma sesetan dengan total pedagang 100 stand selain makanan juga di lengkapi dengan berbagai pakaian bali, lukisan bali, dan pernak-pernik serta perlengkapan sembahyang.

Support dan partisipasi seniman lokal  Bali antusias  mendukung  festival tahunan ini diantaranya nya Joni Agung&Double T,  ada juga Nano Biru, Bali Metal Band, Logaritma dan dihibur oleh Bondres 3G.

Menurut beberapa pengunjung, tradisi unik ini memang dinanti warga kota, termasuk masyarakat luar Bali dan wisatawan yang kebetulan lewat wilayah Sesetan.

Ketua Sekaa Truna Satya Dharma Kerti Br Kaja Sesetan, I Made Widya Sura Putra, menyebutkan seiring dengan perkembangan zaman, tradisi ini dikemas lebih terarah karena berkaitan dengan ritual agama harapannya tradisi ini  dapat menarik pariwisata.

“Bali kaya dengan budayanya, kegiatan Omed-omedan ini sangat positif karena merupakan salah satu bagian dari tradisi budaya Bali, kehadiran kami disini sebagai wujud komitmen Honda Untuk Bali mendukung budaya Bali,” ungkap Wahyudi Saputra selaku Region Head Astra Motor Bali.

Tidak kalah ramenya,  pada booth pameran  Honda, terlihat pengunjung  begitu antusias  melihat unit yang di pajang dan mencari informasi  mengenai  program dan promosi yang berlaku, dan tercatat 25 prospek  yang berminat dengan  berbagai tipe  motor diantaranya Honda Pcx, Scoopy, Vario series dan Beat FI.(myn/bpn)

loading...