BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Sepeda motor kian sering kita jumpai di Indonesia. Masyarakat Indonesia saat ini lebih memilih motor sebagai moda transportasi pribadinya. Selain mudah, motor memiliki harga cukup terjangkau dibandingkan dengan kendaraan roda empat. Penggunaan motor yang sering dan dalam waktu lama maka membuat perfoma motor mengalami perfoma yang menurun. Penyebabnya karena faktor motor yang usianya semakin tua dengan jangka pemakian cukup lama.

Kendala yang sering terjadi, salah satunya adalah tarikan gas motor semakin lama tidak enteng lagi. Salah satu kednala ini dapat membuat kenyamanan penggunaan motor berkurang. Pasti tidak sedikit dari kita membutuhkan teknisi guna menyetel tarikan gas motor supaya lebih enteng dan motor akan kembali lebih responsif di jalan. Beberapa cara bikin tarikan gas lebih Responsif, dapat kita lihat dibawah ini.

1. Tali Gas Dapat Diatur Ketegangannya
Pertama dan cara palin sederhana cara bikin tarikan gas motor lebih responsif yaitu mengatur tali gas agar tidak terlalu tegang . Menyetel bagian ini memberi tarikan motor lebih enteng dan ringan. Penyetelah tali gas pada bagian mur 8 dengan ukuran panjang dengan penutup sebagai pelindungnya dan karet sebagai bahan pelapisnya.

2. Grip Handle Dioptimalkan
Atur grip handle agar memberi pengaruh pada putaran gas motor. Lumasilah grip handle gas dengan pelumas yang sudah dibasahi air supaya tidak lengket. Kegunaan melakukan pelumasan grip handle agar perputaran gas tidak seret dan lengket ketika digunakan, sehingga motor akan terasa responsift dan lincah.

3. Skep Karburator Dibersihkan
Bagian terakhir cara sederhana bikin tarikan gas lebih baik, dengan melakukan pengaturan skep karburator. Silahkan lepas bagian skep karburator dengan menekan ujung pegas bawah dan atas supaya lebih padat. Ada baiknya gunakan tang mengatur dan membersihkan skep karburator.

Selain membuat gerakan motor lebih gesit tarikan gas juga kian responsif tentunya. Tidak hanya itu, putaran gas motor sebelumua seret setelah disetel ulang menjadi lebih ringan dan mudah digunakan. Semoga bisa bermanfaat bagi pengendara motor di seluruh Indonesia. Selalu utamakan keselamatan, berkendara sesuai aturan demi kenyamanan dan keamanan bersama.(rsv/bpn)