BALIPORTALNEWS.CON, DENPASAR – Prestasi gemilang di kancah nasional kembali ditunjukan banjar di Kota Denpasar. Kali ini, penghargaan datang dari banjar Mandala Sari, Desa Dangin Puri Klod, Denpasar yang sukses meraih dua penghargaan nasional sekaligus.

Dimana, dua penghargaan tersebut yakni Posyandu terbaik Mother Program Edukasi Kesehatan tingkat Nasional serta PAUD terbaik tingkat nasional yang diraih PAUD Mandala Kumara Banjar Mandala Sari.

Penghargaan tersebut diterima Ketua Posyandu Mandala Sari, Ni Made Kasmiati bersama Kepala PAUD Mandala Kumara, Banjar Mandala Sari, Ni Made Sulastri yang diserahkan Direktur Kesehatan Lingkungan Kemenkes RI, dr. Imran Agus Nurali, Sp,KO di Jakarta, Minggu (17/3/2019).

Ketua Posyandu Mandala Sari, Ni Made Kasmiati saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa penghargaan ini merupakan capaian atas upaya keras dan gigih yang dilaksanakan seluruh jajaran Posyandu Mandala Sari. Hal ini tak lepas dari dukungan Pemkot Denpasar yang senantiasa memberikan bimbingan sehingga Posyandu Mandala Sari dapat meraih penghargaan nasional.

“Kami sangat bangga dan bersyukur atas penghargaan ini, hal ini merupakan usaha bersama serta tak lepas dari dukungan Pemkot Denpasar sehingga kami dapat meraih penghargaan nasional,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, beragam tahapan telah dilaksanakan sebelum melangang ke kancah nasional. Mulai dari seleksi tingkat provinsi dan berlanjut nasional. Adapun program unggulan yang dilaksanakan meliputi Gerakan Ayo Minum Air (Amir). Dimana, program ini dilaksanakan secara berkelanjutan dengan melaksanakan sosialisasi yang menyasar ibu dan bayi, sosialisasi melalui famplet, lagu-lagu, yel-yel, melaksanakan monitoring Amir dengan water traker yang diisi oleh orang tua serta senam Amir yang melibatkan Posyandu serta seluruh steakholder terkait.

“Kami memandang minum air merupakan cara yang sederhana untuk menjaga kesehatan, sehingga menanamkan pentingnya minum air harus dilaksanakan sejak dini, utamanya minum air 8 gelas sehari,” paparnya.

Mia sapaan akrabnya menambahkan bahwa, di Mandala Sari sendiri juga turut dilaksanakan pengecekan rutin terhadap konsumsi air di masyarakat. Hal ini dilaksanakan dengan rutin mengecek warna urin sehingga dapat diketahui tingkat konsumsi air oleh masyarakat. “Program ini kita laksanakan guna memberikan edukasi dini tentang pentingnya kesehatan dengan minum air, serta menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk minum air,” ungkapnya.

Ketua PAUD Mandala Kumara, Banjar Mandala Sari, Ni Made Sulastri mengatakan bahwa pihaknya sangat bangga dengan segala usaha yang dilaksanakan Tim PAUD Mandala Kumara sehingga dapat sukses meraih penghargaan nasional. Hal ini tentunya dapat menjadi acuan dalam kita terus memmaksimalkan pendidikan dini bagi anak-anak. Hal ini tak lepas dari 12 program PAUD dalam mendukung kesehatan diantaranya menyediakan pojok Amir serta memberikan penyuluhan kepada siswa dan orangtua.

“Keberadaan PAUD dan Posyandu di Mandala Sari adalah satu kesatuan yang terintegrasi sehingga setiap program dilaksanakan secara beriringan dan terintegrasi dengan baik,” ujarnya.

Sementara, Kadis Kesehatan Kota Denpasar, dr. Luh Sri Arimini mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih Posyandu dan PAUD Mandala Sari. kedepanya, capaian ini dapat menjadi contoh bagi seluruh banjar dan dusun di Kota Denpasar untuk terus berinovasi dalam memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat.

“Selamat untuk Posyandu dan PAUD Mandala Sari, semoga kedepanya banjar dan dusun di Kota Denpasar dapat mencontoh sebagai upaya memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat,” jelasnya. (humas-dps/bpn)

loading...