Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa mengukuhkan Sekaa Gong Sraya Kanthi Budaya, Desa Adat Tandeg yang dirangkai dengan pementasan calon narang di Pure Dalem Desa Adat Tandeg Kuta Utara, Senin (4/2/2019).

Wabup Suiasa sangat mengapresiasi munculnya generasi muda dalam seni gong ini. Hal ini sebagai bukti suksesnya para sesepuh maupun tokoh seni di Desa Adat Tandeg dalam mewujudkan regenerasi khususnya pada Sekaa Gong Sraya Kanthi Budaya ini.

Suiasa juga mengapresiasi karena masyarakat telah berupaya melakukan pelastarian seni, budaya dan tradisi. “Ini merupakan suatu bagian dari kegiatan tradisi seni yang sakral,” imbuhnya.

 Kedepan Pemerintah Kabupaten Badung akan senantiasa memberikan perhatian dan ikut bersama-sama membangkitkan pola-pola kehidupan seni budaya dan tradisi orang bali  yang ada di desa adat itu sendiri. “Pemerintah akan memberikan perlindungan dan pemerintah akan bersama-sama masyarakat membesarkan seni budaya ini,” jelasnya.

Baca Juga :  Sekda Adi Arnawa Ikut Tradisi Siat Yeh di Banjar Teba Desa Adat Jimbaran

Ketua Panitia, Nyoman Punia melaporkan bahwa pengukuhkan sekaa Gong Sraya Santhi Budaya ini dilakukan, dilatarbelakangi karena Sekaa Gong sebelumnya tidak bisa lagi melaksanakan ayah-ayah mesekaa gong karena sudah umur. Untuk itu kembali dibentuk sekaa gong dengan porsenil generasi muda sehingga diharapkan kedepannya sekaa gong yang sering mengiringi pementasan calonarang di pura dalem desa adat tandeg tetap eksis. “Sekaa gong ini sudah berdiri sejak 90 tahun silam dan sudah selayaknya ada regenerasi. Sekaa gong yang baru sudah melakunan latihan selama 6 bulan, nantinya generasi ini akan dipakai seterusnya ngaturang ayah di pura dalem ngambelan calonarang,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut Wabup. Suiasa didampingi Anggota DPRD Badung Wayan Sandra, Camat Kuta Utara A.A. Ngr. Arimbawa beserta Tripika Kec. Kuta Utara, Perbekel Tibubeneng Made Kama Jaya, Bendesa Adat Tandeg Wayan Suwena dan tokoh masyarakat. Pengukuhan Sekaa Gong Sraya Kanthi Budaya ditandai dengan pemukulan Gong oleh Wabup. Suiasa dan menyerahkan punia Rp. 10 juta. (humas-badung/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News