Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Astra Motor Bali selaku Main Dealer sepeda motor Honda wilayah Bali kembali mengajak komunitas Honda dalam naungan Honda Community Bali (HCB) menggelar kegiatan untuk menambah pengetahuan mengenai penulisan di media social. Bertajuk “Workshop Digital dan Jurnalistik Honda Community 2019”, kegiatan yang melibatkan  anggota komunitas motor Honda, dilaksanakan di Astra Motor Cokroaminoto, Sabtu (9/2/2019) lalu.

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk Kopdar rutin dilakukan sebulan sekali sebagai ajang berkumpulnya para anggota komunitas untuk saling sharing dan berbagi pengalaman baik tentang motot maupun tentang hobi touring.

PIC Safety Riding dan Community Bali Ngurah Iswahyudi , mengatakan Workshop Digital dan Jurnalistik ini sengaja dilakukan karena padatnya aktivitas yang dilakukan oleh anggota Honda Community Bali yang kurang terpublikasi karena keterbatasan kemampuan untuk mengelola event dalam bentuk digital.

“Dengan pelatihan singkat ini diharapkan, kami dari Honda Community mampu menuliskan aktivitas yang dilakukan melalui media online, tidak hanya penulisan namun pemilihan fotopun harus diperhatikan sehingga tampil menarik,” jelasnya.

Baca Juga :  Dibuka Antari Jaya Negara, Libatkan Dua Narasumber TP PKK dan WHDI Denpasar Gelar Pelatihan Tata Rias dan Sanggul Bali

Di zaman digital ini segala informasi akan terserap dengan cepat untuk itu dalam pelatihan jurnalistik ini, para peserta diberikan pemahaman mengenai media eksistensi dari media online sebagai sarana komunikasi antar komunitas yang tergabung dalam Honda Community. Selain itu, materi jurnalistik tingkat dasar dalam pelatihan ini, peserta juga diberikan pengetahuan tentang tata cara penulisan berita online yang baik dan sopan.

Peserta juga diberikan pengetahuan tentang kode etik penulisan berita online serta etika pemasangan foto yang benar. “Etika penulisan dan pemasangan foto dalam media online bagi kami sangat penting, karena kami ingin berita dan foto yang kami tampilkan adalah berita dan foto yang sesuai dengan kode etik jurnalistik yang berlaku,” lanjutnya.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Serahkan 1.444 SK PPPK Hasil Seleksi Tahun 2023, Kembali Usulkan 4.602 Formasi di Tahun 2024

Setelah materi jurnalistik dasar, pelatihan dilanjutkan dengan pengenalan website Klub Honda Community. Dalam materi ini, peserta diperkarakan dengan content Management system, yang tidak lain merupakan perangkat lunak yang digunakan oleh administrator mengetahui aktivitas yang dilakukan aktivitas dari suatu situs website, supaya pengelolaan data dari website bisa dengan mudah ditampilkan.

Adapun menu yang dapat diakses dalam Content Management system adalah dasboard yang memuat data grafik dan angka serta menjelaskan mengenai summary dari artikel, member, user dan klub. Selanjutnya adalah artikel yang dimuat oleh situs website, Community profile dan terakhir adalah media. (myn/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News