BALIPORTALNEWS.COM – KMHDI akan melaksanakan secara serentak Kaderisasi Tahap 1 (KT 1) di seluruh PD/PC KMHDI yang akan dimulai bulan Februari hingga April 2019. KT 1 yang baru pertama kali dilaksanakan ini merupakan bagian dari kaderisasi pokok KMHDI yang harus diikuti oleh seluruh kader KMHDI. KT 1 bertujuan membentuk kader-kader KMHDI yang kritis dan berorientasi pada perubahan kehidupan di masyarakat.

Hal ini ditegaskan lebih lanjut oleh Presidium 1 (Sekjend) PP KMHDI, I Made Sudana, yang mengatakan bahwa, “KT 1 ini adalah sebagai upaya untuk menciptakan kader KMHDI di seluruh Indonesia yang mampu berpikir secara kritis dan analistis melalui penguatan pola pikir dan logika berpikir yang filosofis dan ideologis sehingga mampu memberikan dampak perubahan di masyarakat Indonesia secara keseluruhan.”

Dalam KT 1 ini, ada tujuh poin pokok yang akan dibahas, diantaranya adalah 1). Filsafat dan logika berpikir, 2). Teologi Hindu, 3). Pergerakan mahasiswa, 4). Dinamika persoalan bangsa, 5).Ideologi pancasila, 6.) Konstitusi organisasi dan dasar perjuangan, dan 7.) Sejarah masyarakat Indonesia. Penyampaian keseluruhan materi KT 1 ini nantinya akan dilakukan oleh PP KMHDI. “Karena ini merupakan pelaksanaan perdana, pemateri awal KT 1 ini berasal PP KMHDI yang akan  turun langsung ke daerah-daerah untuk menjadi pemateri dan pemantau pelaksanaan KT 1,” sambung Made.

Pelaksanaan KT 1 serentak pertama kalinya ini diiringi harapan dan optimisme yang tinggi dari seluruh pihak. Hal ini didasari oleh keinginan KMHDI untuk terus melaksanakan dharma agama dan dharma negara yang ditopang oleh kecerdasan kader-kadernya yang pada akhirnya mampu membawa angin perubahan yang positif di masyarakat. Mengingat ini merupakan KT 1 yang pertama, Made menegaskan bahwa PP KMHDI akan melakukan evaluasi secara menyeluruh terkait hasil pelaksanaan KT 1 serentak ini. “Bahkan jika perlu kita akan melakukan konfrediknas untuk mengevaluasi ulang isi dari materi yang diberikan dalam KT 1. Perlu diingat, hal itu dilakukan hanya jika diperlukan,” tutup Made.

Kalimantan akan menjadi daerah pertama yang melaksanakan KT 1 ini pada tanggal 1 Februari hingga 3 Februari 2019. Kegiatan KT 1 ini dilaksanakan serentak namun secara bertahap. Setelah Kalimantan selesai melaksanakan KT 1, akan disusul daerah-daerah lainnya seperti Sulawesi, Nusa Tenggara, Bali, Sumatera, dan berakhir di Jawa. (humas-kmhdi/bpn)

loading...