Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Lomba fashion show endek telah menjadi agenda rutin dan ditunggu-tunggu masyarakat pengunjung Denpasar Festival (Denfest). Pada tahun ini, 18 guru SMP se-Kota Denpasar mengikuti lomba fashion show endek, Sabtu (29/12/2018) yang dilaksankan on the street beralaskan karpet merah di sisi utara Patung Catur Muka Denpasar. Dengan menampilkan berbagai corak, warna dan desain pakaian endek bagi pengajar di tingkat SMP ini disaksikan langsung Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Ny. I.A Selly Dharmawijaya Mantra didampingi Wakil Ketua Dekranasda Ny. Antari Jaya Negara.

Disamping menampilkan lomba fashion show endek guru SMP tampak juga ditampilkan fashion show endek dari Duta Endek Kota Denpasar angkatan 2013 hingga 2018. Tak terlepas dari itu terfokus pada tema Denfes 2018 yakni Urban Playground juga menampilkan deretan fashion show endek anak-anak.

Baca Juga :  Honda Premium Matic Day Bali, Raih Beragam Penawaran Menarik Pembelian Sepeda Motor Impian

‘’Kali ini kita melibatkan lomba fashion show endek dari para guru SMP di Kota Denpasar yang bersinergi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar,” ujar Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Ny. I.A Selly Dharmwijaya Mantra usai menyerahkan penghargaan kepada para pemenang fashion show endek guru SMP.

Lebih lanjut istri Walikota Rai Mantra ini menjelaskan bahwa pihaknya terus mempromosikan kain tenun endek yang memiliki kaya motif, kaya warna dan memiliki filosofi motif.

Langkah ini kita lakukan dengan program menyasar lingkungan karyawan hotel, rumah sakit, LPD, perbankan, guru PAUD, hingga guru SMP yang menggunakan pakain endek sebagai pakain kerja. Diharapkan langkah program ini dapat terus meningkatkan eksistensi kain tenun ikat endek di masyarakat serta menguatkan moto Endek kita punya, kita bangga, dan kita pakai. Sementara dalam menyasar lingkungan anak muda agar bangga menggunakan endek telah dilakukan lewat program pemilihan duta endek Kota Denpasar.

Dari anak muda ini diharapkan endek dapat terus dilestarikan yang dahulunya hanya dipakai oleh kalangan tertentu serta pakaian kerja pegawai saja, namun dapat menjadi pakaian sehari-hari. Seperti penampilan Duta Endek Denpasar Tahun 2018 dipanggung ini menampilkan tenun ikat yang dapat dipergunakan sebagai pakaian santai sehari-hari. Ny. Selly juga mengajak seluruh masyarakat mencintai endek sebagai produk textile yang harus kita cintai dan bangga menggunakannya.

Baca Juga :  Bank Mandiri Siapkan Rp1,15 Triliun untuk Kebutuhan Uang Tunai di Bali dan Nusa Tenggara Jelang Idul Fitri

Berhasil meraih Jura I dalam lomba Fashion Show Endek guru SMP yakni SMPK I Harapan, Juara II diraih SMPK Santo Yoseph, dan Juara III diraih SMP Cipta Dharma. Adapun 18 sekolah SMP yang mengikuti meliputi SMP PGRI 3, SMP Dharma Praja, SMP PGRI 2, SMP PGRI 1, SMP 4, SMP 6, SMP Dwijendra, SMPN 11, SMP PGRI 6, SMP N 1, SMPN 8, SMPN 12, SMP Ganesa, dan SMP N 3 Denpasar. (pur/humas-dps/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News