Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Ketua Umum PP KAGAMA, Ganjar Pranowo mengajak seluruh anggota Keluarga alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA) untuk bersama-sama bersinergi untuk kejayaan negeri, termasuk dalam upaya pembangunan manusia.

Hal tersebut disampaikan saat Rakernas KAGAMA, Sabtu (15/12/2018) di Balai Senat UGM. Rakernas Kagama digelar untuk mengkonsolidasikan pikiran, cita-cita, serta harapan agara KAGAMA tetap solid, lebih efektif, dan lebih berdayaguna bagi alamater, masyarakat, dan bangsa.

Dalam sambutannya saat Rakernas Ganjar menyampaikan beberapa poin. Dia meminta kepada seluruh alumni untuk tampil, hadir,dan berkontribusi dalam menangani bencana.

“Dalam beberapa waktu terakhir banyak terjadi bencana di Tanah Air, seperti gunung meletus, banjir, badai, gempa serta tsunami. Indonesia itu supermarket bencana sehingga KAGAMA harus terus siaga, berperan dalam penanggulangan bencana,” paparnya.

Baca Juga :  Gelar Safari Ramadhan, ITDC Berbagi Berkah Ramadhan Kepada Masyarakat Seputar Kawasan The Mandalika

Tidak hanya itu, KAGAMA juga harus bisa menunjukkan kepeloporan dalam menghadapi persoalan kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan, dan ketimpangan. Ganjar berharap KAGAMA akan selalu menunjukkan kepeloporan dalam menguatkan peran pemerintah, memperkuat solidaritas sosial, dan menggiatkan gotong royong.

“Alumni UGM diharapkan dapat memberikan perhatian pada pembangunan manusia yang menjadi salah satu agenda nasional dan global. Selain itu menjadi bagian dalam gerakan membentuk dan memajukan kewirausahaan sosial nasional,” urainya.

Dalam kesempatan itu, Ganjar turut  menghimbau pada seluruh anggota KAGAMA untuk bisa menjadi perekat persaudaraan dan persatuan bangsa. Pasalnya sebentar lagi, Indonesia akan memasuki tahun politik menggelar pemilihan legislatif dan pemilihan Presiden serentak 2019.

“Melalui Rakernas ini kita harapkan konsolidasi terus dilakukan. Gairah dan semangat ber-Kagama terus kita galakkan dan tampung ditingkat Pengda, Pengcab, Pengurus alumni fakultas/jurusan/program, dan komunitas,” katanya.

Sementara Rektor UGM, Prof. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., berharap Rakernas ini bisa menjadi inspirasi untuk terus mengabdi pada bangsa dan negara. Dia berpesan kepada seluruh anggota KAGAMA dalam menjalankan kiprahnya di masyarakat, bangsa, dan negara untuk terus mengedepankan nilai ke-UGM-an dan ke-Indonesia-an. Selain itu juga menjunjung jati diri UGM sebagai univesritas nasional, universitas perjuangan, universitas Pancasila, universitas kerakyatan, dan universitas pusat kebudayaan.

Baca Juga :  Mobil Listrik Tambah Banyak, PLN Siagakan 1.124 SPKLU Tersebar untuk Para Pemudik

“Kagama diharapkan selau berpihak dan membela kepentingan rakyat. Hal ini harus menjadi nafas bagi setiap alumni UGM,” tuturnya. (ika/humas-ugm/bpn; foto: firsto)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News