BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Badung tak pernah surut berinovasi. Kali ini, instansi yang dikomandani Kadis I Putu Eka Merthawan ini menggandeng Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Badung untuk meluncurkan program inovasi Plastbuk (sampah plastik tukar buku) yakni penjabaran dari Inovasi “Batik” Badung anti kantong plastik. Dengan program ‘anyar’ ini, sampah plastik bisa ditukar dengan buku. DLHK menyebut dengan istilah plastbuk. Salah satu sekolah yang sudah menjadi percontohan program Plastbuk ini adalah SD No 2 Sempidi, Mengwi.

Baca Juga :  Gubernur Koster Tegaskan Perda PZWP3K, Implementasi Kearifan Lokal Segara Kertih

Kepala DLHK Badung Putu Eka Merthawan mengungkapkan, program inovasi Batik dan plastbuk ini sudah mulai berjalan. Inovasi baru ini pertama kali diluncurkan akhir bulan Mei 2018 oleh Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa di areal Kahyangan Tiga Desa Adat Sempidi.

Berdasarkan evaluasi, Batik dan Plastbuk ini dinilai cukup ampuh mengendalikan jumlah dan sebaran sampah plastik di wilayah Kabupaten Badung. “Untuk program inovasi Plastbuk ini kami berkolaborasi dengan Disdipora Badung. Dan SD No 2 Sempidi menjadi percontohan untuk program ini,” ujarnya, Minggu (15/7/2018).

Baca Juga :  Bupati Agus Suradnyana Dukung Buyan Jadi Kawasan Premium

Eka Merthawan menargetkan program inovasi Plastbuk ini kedepan bisa menyasar semua sekolah baik SD, SMP maupun SMA yang ada di Kabupaten Badung. “Target kami Plastbuk ini nanti dilaksanakan di semua sekolah di Badung, baik  SD, SMP maupun SMA,” kata pejabat asal Sempidi ini.

Dikatakan juga bahwa inovasi Plastbuk ini cukup diminati oleh kalangan sekolah. Pasalnya, para siswa dengan mengumpulkan sampah plastic dan menukarkannya ke petugas, mereka sudah langsung mendapat hadiah buku. “Inovasi Plastbuk ini cukup diminati oleh para siswa. Karena dengan menukarkan plastik mereka sudah bisa dapat buku,” tegas Eka Merthawan.

Baca Juga :  Pengembangan Kapasitas Bagi Penggiat Anti Narkoba

Sementara I Ketut Widia Astika selaku Kepala Disdikpora Badung juga menyambut baik dan memberikan apresiasi terhadap program inovasi Batik dan Plastbuk ini. Pasalnya, selain mengajarkan siswa peduli terhadap lingkungan, dengan Plastbuk para siswa juga bisa terbantu untuk mendapatkan buku.

Hadir pada kesempatan tersebut Lurah Sempidi, Bendese Adat Sempidi, Kepala Sekolah SDN 2 Sempidi, Komite SDN 2 Sempidi, jajaran DLHK Badung beserta para guru SDN 2 Sempidi.(humas-badung/bpn)