Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) jenjang pendidikan SMP tahun 2018 dipastikan berlangsung sesuai jadwal yakni mulai, Senin 23 April mendatang. Naskah soal UN SMP sederajat untuk wilayah Denpasar yang masih menggunakan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP) tiba, Jumat (20/4/2018) kemarin sekitar pukul 08.30 di kantor Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar.

Guna menjamin keamanan  soal ujian  yang masuk dalam katagori dokumen rahasia negara tersebut disimpan di kantor Disdikpora Kota Denpasar dan mendapat penjagaan ekstra ketat selama 24 jam setiap harinya. Soal UNKP itu baru didistribusikan ke sekolah-sekolah penyelenggara UNKP beberapa jam sebelum UNKP berlangsung.

‘’Kita semua, termasuk pengawas maupun siswa baru melihat soalnya hari itu juga. Peluang kebocoran itu kita tutup rapat,’’ kata Kabid Pembinaan Pendidikan SMP Disdikpora Kota Denpasar, AA Gede Wiratama.

Ia menegaskan, soal isinya tentu tidak bisa lihat, tetapi melalui jumlah sampulnya bisa ketahui jumlah naskah soalnya. Dengan demikian naskah soal tidak sampai kurang saat dibagikan kepada peserta UN pada hari H.  ‘’Ya mudah-mudahan isinya sesuai dengan tertera pada sampul, demikian pula LJK-nya mencukupi dan tidak rusak, sehingga nanti tidak terjadi kesalahan teknis saat pelaksanaan UN,’’ kata Agung Wiratama.

Baca Juga :  Dampak Cuaca Ekstrem, Masyarakat Diminta Waspada dan Berhati-Hati

Agung Wiratama menambahkan, naskah soal-soal UNKP itu juga diamankan dengan sistem segel yang dibuat secara berlapis yakni hingga tiga lapis. Sistem segel tiga lapis itu merupakan standar wajib pengamanan naskah soal-soal UN. Pertama, sampul soal disegel kemudian dimasukkan ke plastik dan langsung disegel untuk selanjutnya dimasukkan ke dalam kardus kemudian disegel lagi. ‘’Segelnya sampai tiga lapis. Sistem ini diharapkan mampu meminimalisasi kemungkinan terjadinya kebocoran soal UN,’’ katanya.

Agung Wiratama memastikan sebanyak 29 sekolah dari 71 SMP negeri maupun swasta di Kota Denpasar siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), sedangkan sebanyak 42 sekolah masih melaksanakan UNKP. Untuk jumlah peserta UN SMP sebanyak 13.442 orang.

Baca Juga :  Pertamina Pastikan Pasokan BBM dan LPG Aman Selama Libur Hari Raya Idul Fitri

“SMP peserta UNBK sebanyak 29 sekolah terdiri dari SMP negeri sebanyak 8 sekolah dan SMP swasta 21 sekolah. Untuk UNKP diikuti 40 sekolah, terdiri dari 4 SMP negeri dan 36 SMP swasta,” katanya.

UN SMP akan berlangsung pada 23-26 April 2018 dengan mata pelajaran yang diujikan meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA. Pelaksanaan UNKP dimulai pukul 10.30 – 12.30. Sementara untuk pelaksanaan UNBK dilaksanakan dalam tiga sesi. Sesi pertama dimulai pukul 07.30 – 09.30. Dilanjutkan sesi kedua mulai 10.30 – 12.30, dan sesi ketiga dimulai pukul 14.00 – 16.00. Siswa yang berhalangan hadir pada UN utama diberi kesempatan mengikuti UN susulan yang digelar pada Selasa (8/5) dan Rabu (9/5) mendatang. (tis/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News