Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Pasraman memiliki peran yang sangat besar dalam membangun sumber daya manusia masyarakat Bali. Oleh karena itu perlu ada pembinaan secara terus menerus khususnya dalam menghadapi pengaruh dari luar di era globalisasi ini. Demikian disampaikan Gubernur Bali Made Mangku Pastika saat menerima Dewan Pengurus Perkumpulan Pasraman Indonesia (PPI) di Ruang Kerjanya, Kantor Gubernur Bali, Kamis (5/4/2018).

Menurut Pastika keberadaan PPI sangat penting untuk membangun generasi muda yang secara teknologi menguasai namun rapuh dalam hal srada dan bakti. “Sekarang pengaruh dari luar besar sekali. Kita perlu membekali generasi muda dengan pemahaman agama yang benar,” kata Pastika.

Baca Juga :  Bupati Sanjaya Apresiasi Karya Dewa Yadnya Krama Desa Adat Cepik

Pastika juga mengatakan PPI diperlukan untuk menyatukan pasraman-pasraman yang ada. Sebagai agama yang menghargai perbedaan, Pastika berpendapat tetap diperlukan penyatuan dalam beberapa hal agar perbedaan tersebut tak menimbulkan pertentangan di kemudian hari. Satu hal tersebut menurutnya adalah Panca Sradha. Menurutnya panca sradha ada dalam semua ajaran agama Hindu. Oleh karena itu ia mengusulkan agar ada materi wajib yang diajarkan di semua pasraman. Terkait dukungan pemerintah, Pastika mengatakan PPI dapat berkoordinasi dengan beberapa OPD yang menangani pendidikan seperti Dinas Kebudayaan, Dinas Pendidikan, Dinas Pemuda dan Olahraga, bahkan Dinas Tenaga Kerja dan ESDM. “Mereka (OPD) punya program untuk pendidikan non formal,” kata Pastika.

Ketua Umum PPI Guru Sri Hasta Dhala menyampaikan PPI mendukung pemerintah dalam meningkatkan kualitas generasi muda. Pihaknya sudah melakukan berbagai sarasehan yang akan dituangkan ke dalam program untuk mencapai tujuan tersebut. “Misalnya bagaimana peran PPI untuk menangani kenakalan remaja,” kata Guru Sri Hasta Dhala. PPI juga akan membuat festival pasraman tahunan untuk menunjukkan apa yang sudah diperbuat oleh pasraman.

Baca Juga :  Sekda Kota Denpasar Hadiri Pujawali di Pura Swagina Taman Sari

Pembina PPI Ida Rsi Wisesa Nata mengatakan pasraman dan pihak-pihak terkait perlu bergerak secara sinergis ke depan. Secara lokal menurutnya, pasraman-pasraman yang ada sudah bagus, namun perlu ada kebersamaan agar lebih baik.

Pada kesempatan ini, Gubernur Pastika juga menerima aspirasi dari beberapa pimpinan pasraman di Bali yang hadir. (humas-bali/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News