Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Serangan Umum Kota Denpasar kembali di peringati Pemerintah Kota Denpasar dengan berbagai gelaran acara. Peringatan ini tentu tak terlepas dari sejarah peristiwa Serangan Umum Kota Denpasar pada tanggal 11 April 1946 dengan tokoh sentral pahlawan pejuang Denpasar  yang terlibat saat itu adalah  Ida Bagus Japa.

Semangat ketokohan pahlawan Serangan Umum Kota Denpasar menjadi kegiatan rutin tahunan yang digelar Pemkot Denpasar. “Pemkot kembali memperingati Serangan Umum Kota Denpasar yang jatuh setiap tanggal 11 April,’’ ujar Kepala Bagian Kesra Setda Kota Denpasar, Raka Purwantara, Jumat (23/3/2018) saat memimpin rapat persiapan di Kantor Walikota Denpasar.

Hadir dalam kegiatan rapat tersebut Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Denpasar Djero Wilaja dan OPD terkait Pemkot Denpasar. Lebih lanjut Kabag Kesra mengatakan kegiatan akan diawali pada Rabu 11 April mendatang dengan Upacara Ziarah dan Tabur Bunga yang berlokasi di Taman Pancakatirta Tabanan, melibatkan LVRI Denpasar dan Pemuda Panca Marga Kota Denpasar, dan dilanjutkan dengan kegiatan Tirtayatra. Pada tanggal 12 April akan dilaksanakan pemberiaan penghargaan kepada empat orang Veteran pejuang Serangan Umum Kota Denpasar, diantaranya I Nyoman Dana dan I Ketut Rena.

“Kegiatan ini juga akan berlanjut pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional pada tanggal 20 Mei mendatang,”’ ujarnya.

Baca Juga :  Gelar Apel Kesiapsiagaan, Dinsos P3A Bali Peringati HUT Ke-20 Tagana dan Pengukuhan Forum Komunikasi Tagana Provinsi Bali Periode 2024-2029

Kegiatan Parade Baleganjur juga akan digelar kembali seperti tahun-tahun sebelumnya yang berlangsung selama dua hari dari tanggal 11-12 Mei mendatang yang melibatkan 20 Sekaa Baleganjur dimasing-masing kecamatan. Pelaksanaan Parade Baleganjur mengambil start di Utara Kantor Walikota Denpasar dilanjutkan melakukan atraksi di Panggung Selatan Lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung. Pada hari yang sama juga kembali memberikan penghargaan kepada lima orang ahli waris korban Serangan Umum Kota Denpasar.

Kelanjutan kegiatan ini juga akan dirangkaikan kembali pada Minggu 13 Mei dalam semangat memperingati Hari Kebangkitan Nasional dengan gelaran kegiatan Lomba Paduan Suara yang diikuti 16 peserta Tingkat SMP, dan pementasan Hiburan Rakyat. Apel Bendera Hari Kebangkitan Nasional digelar pada Minggu 20 Mei 2018. “Semua pagelaran peringatan Serangan Umum Kota Denpasar dengan puncak kegiatan pada Hari Kebangkitan Nasional,’’ ujarnya, sembari mengatakan nilai-nilai perjuangan yang dilakukan para veteran pejuang Serangan Umum Denpasar dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, serta dapat dijadikan inspirasi oleh para generasi muda untuk mengisi pembangunan ini.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Lepas Parade Ogoh-ogoh Desa Dangin Puri Kangin

Sementara Ketua LVRI Kota Denpasar Djero Wilaja mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Denpasar yang telah berkesinambungan memperingati Serangan Umum Kota Denpasar. Dalam peringatan ini juga Pemkot Denpasar memberikan sebuah penghargaan kepada veteran pejuang dan kepada ahli waris korban Serangan Umum Kota Denpasar.

Para Veteran terus dilibatkan dalam kegiatan ini sebagai momentum yang sangat tepat untuk para veteran saling bertukar pikiran dan memberikan dukungan semangat kepada masyarakat dan Pemerintah Kota Denpasar dalam menyongsong pembangunan. “Semoga apa yang menjadi harapan dalam pembangunan Denpasar dapat tercapai dan semangat para pejuang Serangan Umum Kota Denpasar dapat menginspirasi insan muda serta masyarakat Denpasar,” ujarnya. (pur/humas-dps/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News