Hosting Unlimited Indonesia

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra membuka Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Pegawai Negeri Satya Dharma Kecamatan Denpasar Timur Senin (5/2/2018) di Gedung Wanita Narigraha. Dalam acara ini Walikota Rai Mantra juga menyerahkan Nomor Induk Koperasi Kemeterian Koperasi RI kepada Ketua Koperasi KPN Satya Dharma Kecamatan Denpasar Timur I Made Sastrawan.

Dalam kesempatan itu Rai Mantra mengatakan, koperasi menjadi pilihan yang tepat baik untuk menabung maupun untuk meminjam uang. KPN Satya Dharma juga menjadi harapan bagi anggota khususnya yang berprofesi menjadi guru, terutama dalam pengelolaan ekonomi.

Terkait dengan anggota KPN yang semakin tahun berkurang, untuk itu Rai Mantra berharap agar anggota KPN Satya Dharma mengusulkan agar anggotanya tidak hanya dari kalangan pegawai negeri saja, namun juga melibatkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN).  Selain itu Rai Mantra juga minta agar ada upaya untuk mempertahankan anggota yang pensiun masih tetap bergabung. ‘’Itu saya harapkan karena koperasi bermanfaat bagi ekonomi juga dapat mempererat silaturahmi,’’ ujarnya.

Lebih lanjut Rai Mantra mengatakan, kuat atau tidak koperasi tergantung pada kemampuan profesi menejerialnya. ‘’Maka dari itu kita harapkan agar pengurus koperasi telah memiliki sertifikasi, untuk itu Kadis Koperasi Kota Denpasar bersedia  memfasilitasi. Supaya koperasi ini berjalan dengan baik kedepannya dan betul-betul bisa membantu anggotanya,’’ ujarnya

Sementara itu Ketua Koperasi KPN Satya Dharma Kecamatan Denpasar Timur I Made Sastrawan mengatakan, pengurus koperasi berkewajiban mempertanggungjawabkan seluruh usaha dalam RAT. Dalam kegiatan ini ia mengaku keanggotaan KPN Satya Dharma adalah guru-guru SD dan tenaga pendidik di lingkungan Unit Pelaksana Dinas Pendidikan dan Kepemudaan Kecamatan Denpasar Timur. Oleh karena itu jumlah anggota KPN Satya Dharma sangat tergantung dari populasi guru-guru dan tenaga pendidik dari instansi tersebut.

Sehingga jumlah anggota KPN Satya Dharma sampai tanggal 31 Desember 2017 sebanyak 381 0rang. Jumlah anggota setiap tahun berkurang karena banyak yang pensiun dan pindah tugas. Dengan jumlah pengurus KPN Satya Dharma periode 2017 sampai 2019 berjumlah 6 orang.

Untuk mengurus koperasi para pengelola KPN Satya Dharma telah berusaha bekerja dan memberikan pelayanan dengan baik kepada anggota serta telah melaksanakan tugas dan kewajiban sesuai dengan pembagian tugas masing-masing. Pengurus juga telah berusaha meningkatkan pengetahuan perkoperasian dengan mengikuti pelatihan, penataran, lokakarya dan lain-lain.

Sedangkan untuk jumlah SHU tahun 2017 sebesar Rp 39. 365.972,38. Dari SHU itu dialokasikan untuk pembinaan kelembagaan berupa sistem manajemen Koperasi agar tetap eksis. (ayu/humas-dps/bpn)

loading...