BALIPORTALNEWS.COM – Fakultas Biologi UGM menginisiasi kerja sama dengan Departemen Biologi Prince of Songkla University (PSU) Thailand.

Demikian mengemuka dalam kunjungan delegasi PSU yang dipimpin Asst.Prof.Dr. Sara Bumrungsri, Head of Departemen Biology PSU ke Fakultas Biologi UGM pada hari Jum’at (2/2/2018) lalu. Rombongan diterima oleh Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian Masyarakat, dan Kerja Sama Fakultas Biologi UGM, Dr. Eko Agus Suyono, M.App.Sc.

Dalam pertemuan tersebut membahas berbagai peluang kerja sama yang akan dilaksanakan di masa mendatang dalam bidang pendidikan dan penelitian. Beberapa diantaranya adalah insisiasi kolaborasi riset, publikasi, dan supervisi. Disamping itu turut didiskusikan terkait rencana pertukaran mahasiswa dan dosen, summer course program serta membangun ASEAN Biodiversity Network .

Baca Juga :  Mengenal Labu Susu Citra LaGa Inovasi Peneliti UGM

“Semoga inisiasi kerja sama ini dapat menjadi energi posistif bagi kedua belah pihak,” kata Eko.

Eko menambahkan melalui kerja sama ini nantinya diharapkan dapat memperkuat program internasional di Fakultas Biollogi UGM.

Sara Bumrungsri menyampaikan terdapat sejumlah persamaan antara Fakultas Biologi UGM dengan Departemen Biologi di PSU. Hal tersebut membuka lebih banyak peluang kerja sama yang dapat dilaksanakan antara PSU dan UGM.

“Harapannya ke depan kita dapat segera berkolaborasi,”tuturnya.

Selain membahas berbagai kemungkinan kerja sama, juga dilaksanakan diskusi dengan tenaga pendidik Fakultas Biologi UGM dari berbagai laboratorium antara lain Laboratorium Ekologi dan Konservasi, Sistematika Hewan, Fisiologi Hewan dan Genetika. Diskusi ini merupakan salah satu bagian dari inisiasi kolaborasi riset, publikasi, dan supervisi yang telah dibahas dalam pertemuan sebelumnya.

Baca Juga :  UGM Latih Kelompok Tani Yogyakarta-Jateng Budidaya Wader Pari

Dalam kesempatan terpisah, Dekan Fakultas Biologi, Dr. Budi Setiadi Daryono, M.Agr.Sc., menyambut baik inisiasi kerja sama yang dilakukan. Dia berharap kerja sama bisa segera diwujudkan untuk mendorong penguatan pendidikan dan penelitian di Fakultas Biologi UGM dan PSU. (ika/humas-ugm/bpn)