Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Bhabinkamtibmas Desa Cemagi AIPTU I Putu Sukayasa memberikan peringatan melalui pengeras suara agar seluruh warga masyarakat yang berada di dalam gedung Serba Guna Desa Adat Cemagi untuk segera keluar dari gedung. Pasalnya, si jago merah telah melalap hingga kea tap gedung.

Hal itu merupakan adegan dalam simulasi penanganan Kebakaran dalam rangka meningkatkan kewaspadaan dan kemampuan serta Profesionalisme anggota Linmas Desa Cemagi untuk menyongsong Evaluasi Perkembangan Desa Cemagi.

Kegiatan tersebut digelar di areal gedung Serbaguna Desa Adat Cemagi, Senin (22/1/2018) pagi yang dihadiri oleh Perbekel Cemagi, Ketua dan Anggota LPM Cemagi, Sekdes bersama staf Desa Cemagi, Babinsa Desa Cemagi,  Kasatgas Linmas Desa Cemagi bersama anggota, Ketua Pamswakarsa bersama anggota, Pustu Desa Cemagi bersama Paramedis lengkap dengan   Ambulance, Petugas Live Guard Seseh, Perwakilan Sat Pam Villa, Anggota Tanggap Darurat dan Siaga Bencana Desa Cemagi, Tokoh masyarakat yang berkompeten dibidang keamanan  dan tanggap siaga bencana serta warga masyarakat.

Diasumsikan Pada hari Senin tanggal 22 Januari 2018 sekira pukul 10.00 wita ada salah satu warga masyarakat Cemagi yang kebetulan melintas di depan Gedung Serba guna Desa Cemagi. ketika melintas melihat kobaran api yang cukup besar yang diduga bersumber dari tumpukan sampah yang berlokasi di pojok sebelah timur gedung serba guna, Selanjutnya warga masyarakat tersebut tancap gas untuk memberitahukan ataupun melapor ke Kantor Desa Cemagi yang jaraknya tidak jauh dari lokasi. mendapat laporan dari warga, salah satu staf melaporkan kepada Perbekel Cemagi selanjutnya menghubungi Petugas Linmas untuk untuk segera memberi bantuan tindakan pertama di tempat kejadian, Menerima laporan  Kasatgas Hansip/ Limas Desa Cemagi serta merta menghubungi dan mengerahkan personilnya melalui pesawat HT untuk mendatangi tempat kejadian kebakaran tersebut.

Baca Juga :  Menteri PUPR Basuki Beri Wejangan pada Calon Wisudawan UGM

Termonitor oleh jajaran Pamswakarsa yang ada di Desa Cemagi termasuk oleh Bhabinkamtibmas,Babinsa,dan Live Guard Seseh selanjutnya mengarah ke lokasi guna lakukan tindakan pertama di tempat kejadian bersama sama warga masyarakat dengan menggunakan peralatan seperti ember, karung goni, alat pemadam api ringan ( APAR ) dan lain – lain, setibanya dilokasi ternyata terdapat barang – barang yang berharga yang perlu digeser dari lokasi,  maka beberapa orang anggota Linmas dibantu masyarakat memindahkan barang tersebut ke depan / sebelah barat gedung serba guna, serta beberapa orang Pamswakarsa melakukan pengaturan lalu lintas di depan gedung serba guna sekaligus melakukan pengamanan terhadap barang berharga tersebut.

Namun demikian disisi lain tanpa disadari terdapat salah seorang warga masyarakat mengalami luka bakar yang cukup serius, oleh karenanya memerlukan pengobatan dan perawatan oleh petugas medis. Seketika itu pula dihubungi ambulance KBS bersama petugas Medis guna mendapat penanganan lebih lanjut.

Baca Juga :  Pemkot Denpasar Siap Bantu Pelaksanaan Program PPI Denpasar

Disamping itu pula dengan fokusnya perhatian terhadap upaya pemadaman api, dimanfaatkan oleh sekelompok orang yang tidak bertanggung jawab untuk membawa lari sebagian barang berharga tersebut dari depan gedung serba guna ke arah utara, menyadari ltu oleh Linmas dan Pamswakarsa dilakukan pengejaran  hingga pelakunya bisa diamankan untuk proses lebih lanjut.

AIPTU I Putu Sukayasa saat di konfirmasi mengungkapkan “ kami bersama sama pihak terkait melaksanakan simulasi penanggulangan kejadian kebakaran sehingga mampu meningkatkan Profesionalisme Linmas dalam penanganan kejadian tersebut,” ucapnya. (bpn)