Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Banyak masyarakat berpikir Bitcoin adalah hal yang sangat membingungkan, kenyataanya Bitcoin adalah sesuatu yang secara sederhana dapat dimengerti. Bila ditanya bitcoin itu apa? maka yang paling sederhana untuk menjelaskannya adalah, Bitcoin adalah sistem kas transaksi global yang terdesentralisasi.

Seperti yang kita ketahui bersama, setiap institusi penyedia jasa keuangan termasuk bank pasti memiliki buku akuntansi mereka. Pastinya ada biaya, waktu dan tenaga yang harus dikeluarkan untuk menjalankan transaksi tersebut. Karena itu kita sebagai pengguna dikenai biaya tambahan oleh bank saat kita mengambil maupun menyimpan uang kita setiap bulan.

Baca Juga :  Peluncuran Program TPAKD Kota Denpasar: Kredit/Pembiayaan Sektor Prioritas Pertanian, Simpanan Pelajar, dan UMKM Bali Nadi Jayanti

Lantas apa yang salah dengan hadirnya mata uang digital seperti Bitcoin? Bitcoin hadir guna mengubah sistem buku-buku kas tersebut menjadi satu sistem akuntansi global. Manfaatnya tentu saja untuk mengurangi biaya dan waktu.

Siapakah yang Menciptakan Bitcoin?
Bitcoin ditemukan oleh sekelompok orang dengan nama Satoshi Nakamoto. Sistem Bitcoin hasil ciptaan Satoshi bersifat Open Manner, maksudnya kode pemrograman hasil kriptografi dari Bitcoin dapat dilihat dan diperiksa oleh orang di seluruh dunia. Jadi, tidak ada rahasia yang tersembunyi dan penciptanya tidak memiliki konflik kepentingan atau biasa disebut conflict of interest.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui seperti apa bahasa pemrograman atau algoritma Bitcoin, maka Anda dapat mengunduh riset Satoshi Whitepaper. Jurnal dengan sembilan halaman tersebut menjelaskan algoritma matematika Bitcoin. Kalian yang tertarik bisa mengunduh materi jurnal tersebut di Bitcoin.org.(rsv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News