Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Titik lampu penerangan di Kota Depasar dibawah pengelolaan Dinas Perhubungan dengan jumlah 17.666 titik lampu. Sementara jumlah titik Lampu Penerangan JalanUmum (LPJU) sebanyak 1.156 titik. ‘’Lampu-lampu yang kita kelola jumlahnya ribuan lebih dengan pemohon 571 orang,’’ ujar Kasi Sarana Prasarana Dinas Perhubungan Denpasar Ketut Ronca saatd itemui, Selasa (5/12/2017) di Denpasar.

Lebihlanjut dikatakan pemeliharaan lampu-lampu yang ada rutin dilaksnakan setiap harinya. Disamping itu juga menindaklanjuti laporan dari masyarakat terkait keberadaan LPJU dan lampulainnya yang tidak menyala maupun yang terus menyala hingga siang hari.Secara detail Pemkot Denpasar memilikilampu son 70 W berjumlah 8.762 titik, lampu son 150 W berjumlah 1.775 titik, lampuSL 24 W berjumlah 168 titik, Mercury 125 W sebanyak 5.120 titik, Lampu HPLT 400 W sebanyak 65 titik, lampu LED sebanyak 526 titik, danlampu son T 70 W di 25 titik.

Baca Juga :  Ukir Sejarah! Gerindra Bali Berhasil Raih Dua Kursi di Daerah Pemilihan Denpasar 

Dari jumlah tersebut juga memiliki 678 panel lampu yang terus melakukan pemeliharaan secara berkesinambungan. Tidak saja pengelolaan dan pemeliharaan di jalan umum, namun lampupenerangan ini juga dilakukan pemeliharaan di kawasan pemukiman warga.

Laporan masyarakat melalui Pengaduan Rakyat Online Denpasar langsung kita tindak lanjuti lewat perbaikan.Tahun 2017 dari bulan Januari sampai Nopember Dishub Denpasar telah menindak lanjuti 239 pengaduan tentang lampu penerangan jalan yang mati. Tentu laporan dari masyarakat inisangat diharapkan, yang nantinya dapat bersama-sama melakukan pemantauan dengan langkah perbaikan dan pelayanan dapat cepat dilakukan Dishub.

Baca Juga :  PLN Beberkan Sederet Rencana Penambahan Energi Hijau di Nusa Penida

Langkah ini juga dilakukan dengan berkoordinasi bersama pihak terkait yang memiliki wewenang dalam tindaklajut tersebut, seperti lampu penerangan jalan yang ada dikawasan Jl. By pass I.B Mantra tidak menjadi tanggungjawab Pemkot Denpasar.

Dalam peningkatan sarana dan prasarana di Kota Denpasar khusunya LPJU pihaknya juga telah melakukan peningkatan penerangan jalan umum dengan langkah inovatif secara bertahapmelakukan penggantian bahan lampu dengan LED. Disamping memperhatikan bahan lampu, Dinas Perhubungan juga memperhatikan tiang lampu sehingga tidak membahayakanmasyarakat. Saat ini melalui alokasi dana langsung yang dikelola Dinas Perhubungan khusus pada penerangan jalan sebesar Rp. 46 milyar.

Baca Juga :  Serangkian Kasanga Festival, Sagung Antari Jaya Negara Buka Sarasehan Banten Ngesanga

‘’Secara bertahap akan melakukan langkah-langahpeningkatan pelayanank hususnya dalam penerangan jalan di Kota Denpasar,’’ ujarnya.  (pur/humas-dps/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News