Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Bulan November menjadi peringatan hari Pahlawan yang berlangsung hikmad di Kota Denpasar. Pelaksanaan Upacara pada 10 November lalu di Lapangan Lumintang dipimpin langsung Walikota I.B Rai Dhamawijaya Mantra.

Pada Selasa (14/11/2017) yang masih dalam rangkaian Hari Pahlawan, Walikota Rai Mantra bersilahturami dengan para Veteran Pejuang Kemerdekaan Kota Denpasar bertempat di ruang pertemuan Sewaka Mahottama, Graha Sewaka Dharma, Lumintang.

Dalam kesempatan tersebut para veteran menyanyikan lagu-lagu keroncong tema kemerdekaan mengenang jasa-jasa para pahlawan. Wayan Witra salah satu veteran menyanyikan  lagu jembatan merah yag diikuti para veteran lainnya.

Disamping itu Walikota Rai Mantra usai menyerahkan bingkisan kepada para veteran tampak juga ikut bergabung menyanyi bersama para Veteran lagu-lagu kemerdekaan seperti Bendera Merah Putih, Halo-Halo Bandung, dan Garuda Pancasila.

Baca Juga :  Masyarakat Minati Pasar Murah Jelang Lebaran, Buru Beragam Kebutuhan Dengan Harga Terjangkau

‘’Kegiatan ramah tamah kepada para veteran menjadi kegiatan tahunan Pemkot dalam memperingati Hari Pahlawan serta memaknai taksu dari perjuangan yang telah dilakukan para pahlawan dan veteran Kota Denpasar,’’ ujar Walikota Rai Mantra.

 Lebih lanjut dikatakan kegiatan silahturahmi ini juga sebagai momentum bernostalgia para veteran yang menjadi pengingat dan mengenang satu kesatuan pikiran, jiwa dan semangat mencapai tujuan. Semoga ini bisa menjadi suatu inspirasi kepada generasi muda dan keluarga pahlawan. Karena untuk melanjutkan cita-cita perjuangan sangat tidak mudah untuk diucapkan, namun banyak hal yang patut dipertimbangkan dan dilalakukan.

Memasuki zaman digital dan teknologi informasi saat ini dengan langkah komunikasi sangat cepat, yang berbeda dengan jaman revolusi sangat sulit melakukan komunikasi, namun mampu menyatukan pikiran dan semangat untuk perjuangan memerdekakan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Ajang silahturahmi ini tak sebatas pada menghargai, tapi memaknai taksu dari perjuangan yang perlu kita pahami dan kita lihat serta menjadi hal penting dari peringatan hari pahlawan ke 72,’’ ujar Rai Mantra sembari mengajak pererat persatuan dan kesatuan NKRI dengan tujuan pembangunan untuk kesejahterana masyarakat menjadi semangat yang sama dalam memerdekakan republik ini.

Sementara Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia  (LVRI) Kota Denpasar  Djero Wiladja menyampaikan rasa syukur atas perhatian Walikota I.B Rai Dharmawijaya Mantra dan Wakil Walikota I GN Jaya Negara dan seluruh jajaran Pemkot Denpasar kepada para veteran dan ahli waris para pahlawan Denpasar.

Baca Juga :  Seluruh Kantor Pajak di Bali Buka Layanan Tanggal 30 dan 31 Maret 2024

Perhatian ini dengan mengajak melaksanakan tirtayatra bersama ke Lombok. Sehinga diharapkan kegiatan ini dapat terus berlanjut secara berkseinambungan yang menjadi ajang silahturahmi bersama. Djero Wiladja menjelaskan kegiatan ini  mengundang para ahli waris pahlawan sebanyak 39 orang, anggota veteran 80 orang dan pemuda panca marga.

Dimaklumi bahwa keberadana veteran pejuang kemerdekaan sudah uzur dengan usia 86 ke atas, sehingga tidak semua bisa hadir karena kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan.

‘’Kami mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setingginya atas perhatian yang luar biasa kepada veteran,’’ ujarnya. (pur/humas-dps/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News