Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Perusahaan aplikasi PT. Qlue Peforma Indonesia pada Kamis (16/11/2017) mangadakan kunjungan di Damamaya Denpasar Cyber Monitor. Kunjungan yang dipimpin oleh Bussiness Development Director Qlue, Dedi Irawan Sinuhaji ini diterima langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Denpasar I Dewa Made Agung serta Kepala Litbang Kota Denpasar A.A. Bagus Sudharsana.

Qlue merupakan sebuah perusahaan aplikasi yang sejak tahun 2014 bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menunjang pelaksanaan program smart city di Jakarta . Aplikasi sejenis social media ini dapat memfasilitasi warga Jakarta untuk melaporkan kejadian sekitarnya dan dapat segera diteruskan serta ditangani oleh dinas-dinas terkait.

Baca Juga :  Ciptakan Tertib Administrasi Kependudukan, Tim Gabungan Kelurahan Penatih Gelar Pendataan Penduduk Non Permanen

Kunjungan ini menjadi ajang bertukar informasi terkait hal-hal yang telah berhasil dan akan dikembangkan oleh kedua belah pihak. Kadis Kominfo Denpasar menjelaskan dalam rangka memudahkan akses informasi dan komunikasi warga kepada pemerintah, Pemkot Denpasar telah meluncurkan aplikasi online PRO Denpasar (Pelayanan Rakyat Online).

Melalui aplikasi yang dapat diakses melalui HP Android ini masyarakat dapat mengadukan keluhannya terkait keadaan kota yang perlu mendapatkan penanganan dari pemerintah serta mengakses berbagai informasi dan pelayanan online.

Pengembangan kota menuju kota pintar melibatkan partisipasi dari seluruh OPD yang ada di Kota Denpasar. Seluruh informasi, data dan layanan dari OPD diintegerasikan melalui control room Damamaya Denpasar Cyber Monitor.

 Melalui pengintegerasian ini pemerintah juga dapat melakukan kajian dan analisis untuk pengembangan – pengembangan yang dapat dilakukan ke depannya.

Baca Juga :  Gandeng Berbagai Elemen Masyarakat, Kelurahan Sumerta Gelar Pemantaun Jaga Kamtibmas Menjelang Idul Fitri

Dedi Irawan mengaku mengapresiasi pengembangan layanan dan aplikasi yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Denpasar. “Saya jujur mengapresiasi sekali command centernya, ini sudah standar sekali untuk city management untuk pemerintah ini, ada data manajemennya juga,” ungkapnya.

Lebih jauh pihak Qlue akan melakukan kunjungan lanjutan dengan menggandeng beberapa pihak seperti perusahaan-perusahaan online, untuk berdiskusi dan mengembangkan bersama hal-hal yang bisa ditingkatkan ke depannya. (rai/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News