Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Mengusung tema ‘Sarwatra Swaguna Badung Jayanti’, puncak Hari Ulang Tahun (HUT) Ibukota Kabupaten Badung ke-8, Mangupura akan dihelat di Mangupraja Mandala, Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, Kamis (16/11) mendatang.

Namun sebelum itu, Minggu (12/11) akan digelar huburan rakyat yang juga berlokasi di lapangan utama Puspem setempat. Sejumlah artis ibu kota dan lokal Bali diagendakan menghibur masyarakat.

Asisten I (Pemerintahan dan Kesra) Sekda Badung, IB Yoga Segara didampingi Kabag Pemerintahan , I Gusti Made Wardika, Kabag Humas Setda Badung, Putu Thomas Yuniarta, dan Kasubbag Humas, IB Wisnawa Kesuma mengatakan, tema yang diangkat pada HUT kali ini, yakni ‘Sarwatra Swaguna Badung Jayanti’. Artinya, dimana pun dan kapan pun pemerintah mensejahterahkan alam dan masyarakat.

“Lebih luas, artinya Badung berbagi dan dari Badung membangun Bali,” terangnya saat jumpa pers di ruang Humas Setda Badung, Kamis (9/11/2017).

Baca Juga :  Pengukuhan HCRC Bali Diisi Touring Aman Berkendara

Lebih lanjut dipaparkannya, rangkaian ulang tahun, seperti tahun sebelumnya telah digelar sejak Oktober lalu. Per kecamatan merayakan HUT Mangupura dengan tema masing-masing yang diangkat, namun masih selaras dengan tema utama. “Selain itu, sudah dilangsungkan pula sejumlah lomba, seperti kontes bonsai tingkat nasional, lomba lagu, Festival Seni dan Budaya yang msih berlangsung di kawasan Pura Taman Ayun, dan sebagainya,” paparnya.

Pada kesempatan tersebut, Yoga Segara juga menyinggung sekelumit sejarah kota Mangupura. Bersarkan UU nomor 69 tahun 1958 Badung lahir sebagai salah satu kabupaten di Bali dengan ibu kota Denpasar. Selanjutnya, sejak terbit UU nomor 1 tahun 1992, terlahirlah Kota Denpasar. Dengan demikian, sejak tahun 1992, Badung tidak memilki ibu kota lagi.

Baca Juga :  Wabup Suiasa Resmikan Anggota BPD Desa Bongkasa Pertiwi

“Nah, sesuai PP 67 tahun 2009 tentang pemindahan ibu kota Kabupaten Badung dari wilayah Kota Denpasar ke Kecamatan Mengwi, Badung, Bali, lahirlah Kota Mangupura yang meliputi empat desa dan lima kelurahan. Kesembilannya yakni, Desa Mengwi, Gulingan, Mengwitani, dan Kekeran. Lanjut Kelurahan Kapal, Abianbase, Lukluk, Sempidi, dan Sading,” tuturnya.

Mengenai malam hiburan yang digelar lusa, dikatakannya akan melibatkan sejumlah artis ibu kota dan lokal. Artis nasional yakni grup band Armada, Sazkia Gotik, dan Silvi Kitty. Sementara dari lokal di antaranya, Reggae Badung, D Antoni  , band Matan Ai, Widi Widiana, Rai Peni, Diana Prasta, lawak Celekontong Mas, dan yang paling malam adalah band Lolot.

Baca Juga :  Kanjeng Mami: Melayani Konsultasi Kehidupan Melalui Media Wacakan Kartu Tarot

“Dengan demikian, kami silahkan masyarakat untuk menikmati hiburan ini. jangan khawatir, untuk mengantisipasi hujan seperti tahun lalu, sudah disiapkan delapan laser,” tegasnya.

Sementara itu, I Gusti Made Wardika menambahkan, dana yang digelontor untuk keseluruhan HUT ke-8 tersebut sebesar Rp 600 juta. “Itu khusus yang di Pemkab. Sementara HUT yang digelar di kecamatan, berasal dari DPA (Dokumen Pelaksanaan Anggaran) masing-masing. Namun semua bersumber dari APBD Perubahan Kabupaten Badung tahun 2017,” imbuhnya.(humas-badung/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :