Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Serangkaian Festival Seni Budaya (FSB) Badung ke-11 dan HUT Ibukota Badung Mangupura ke-8, Dinas Kebudayaan Badung menggelar lomba Bapang Barong se-Bali, Rabu (8/11/2017) lalu di Jaba Sisi Pura Lingga Bhuwana, Puspem Badung. Lomba bapang barong diikuti 30 peserta dan berlangsumg selama 2 (dua) hari dari tanggal 8-9 Nopember 2017.

Ditemui disela-sela lomba bapang barong, Kadis Kebudayaan Badung Ida Bagus Anom Bhasma mengatakan Barong merupakan sebuah tarian tradisional Bali dalam wujud topeng dan kostum badan dapat dikenakan oleh satu atau dua orang. Barong Ket adalah salah satu dari berbagai macam jenis barong yang telah diakui sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh UNESCO.

Baca Juga :  IHGMA DPD Bali Resmi Luncurkan GM’s Lab!

Meskipun sudah mendapat pengakuan dunia, kesenian Barong tetap perlu dikembangkan dan dilestarikan berkesinambungan terutama oleh para generasi muda untuk membangkitkan dan melestarikan tarian Barong. Dengan adanya Lomba Bapang Barong ini, diharapkan dapat menggali potensi Bali terutama para generasi mudanya dalam berkesenian khususnya tarian Bapang Barong.

Ditambahkan, peserta bapang barong terbuka untuk umum se-Bali. Setiap 1 (satu) paket peserta diwajibkan membawa 1 pasang tukang bapang barong dan 1 juru kendang. Usia pemain tukang bapang dan kendang maksimal 30 tahun. Waktu yang disediakan untuk pementasan adalah maksimal 15 menit.

Baca Juga :  Yongki Perdana Luncurkan Dua Varian Parfume dengan Harga Terjangkau

“Generasi muda sangat antusias mengikuti lomba bapang barong ini. Baru pendaftaran dibuka sudah banyak yang mendaftar. Namun kami batasi untuk 30 peserta saja,” terangnya.

Materi lomba terdiri dari; Bebarisan Goak Macok (pengawak /condong), Ngintip Jangkrik, Kreativitas Ngomang. Unsur penilaian meliputi ; teknik, kreativitas, kehamonisan, power, kekompakan juru bapang dan juru kendang. Peserta yang berhasil meraih juara akan diberikan hadiah, untuk juara I sebesar Rp.12 juta, juara II Rp. 10 juta, juara III Rp 9 juta, juara harapan I Rp. 7 juta, juara harapan II Rp. 6 juta, dan juara harapan III Rp. 5 juta.

Baca Juga :  Menuju Energi Bersih, PT ITDC Nusantara Utilitas Pimpin Konstruksi Jaringan Distribusi Pipa Gas Alam di Kawasan The Nusa Dua

Disamping hadiah uang juga diberikan trophy dan piagam penghargaan. Lomba bapang barong dinilai oleh para dewan juri yang telah berpengalaman dibidang seni bapang barong diantaranya; Ida Bagus Nyoman Mas, SSKar, Cok Raka Tisna, SST, MSi, I Gde Oka Surya Negara, SST, SSN dan I Nyoman Muliana. Hari pertama dilombakan sebanyak 15 peserta dan hari kedua juga 15 peserta. (humas-badung/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News