Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Gunung Agung terus mengalami erupsi hingga saat ini. Sejak erupsi freatik pertama, secara beruntun dari puncak kawah Gunung Agung mengeluarkan kolom abu kelabu gelap dengan ketinggian ribuan meter.

Kolom abu gelap tersebut berisi abu vulkanik. Sifat serta arah sebaran abu vulkanik itu, tergantung dari arah angin. Dampaknya sejumlah wilayah di Kabupaten Karangasem sudah ada yang terkena hujan abu.

Melihat kondisi Gunung Agung saat ini, Polda Bali melakukan berbagai persiapan jika sewaktu-waktu Gunung Agung mengeluarkan erupsi magmatik. Sebanyak 1.913 personel yang terlibat dalam Operasi Aman Nusa Agung II “Lanjutan” sudah disiagakan.

Karo Ops Polda Bali Kombes Pol. Drs. I Nyoman Sumanajaya memerintahkan para Kasatgas dan Kasubsatgas agar menginformasikan kepada seluruh personel yang terlibat untuk persiapan karena sewaktu-waktu akan digerakkan.

Baca Juga :  8 Orang Terjaring, Tingkat Kepatuhan Terhadap Prokes Meningkat di Desa Sanur Kaja

“Untuk Satgas Polda agar mempersiapkan diri dan perlengkapan serta kendaraan masing-masing untuk sewaktu-waktu digerakkan dalam rangka pertolongan erupsi Gunung Agung,” tegas Kombes Pol. Drs. I Nyoman Sumanajaya, Minggu (26/11/2017).

Tidak hanya Satgas Polda, jajaran satuan wilayah juga diminta untuk mengoptimalkan kegiatan dengan melaksanakan pemantauan wilayah dan update data pengungsi. “Semua data terkait erupsi Gunung Agung agar dilaporkan ke Posko Aman Nusa di Yeh Malet, Manggis,” imbuh Karo Ops Polda Bali. (binaw/humas-polda.bali/bpn)