Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Universitas Padjadjaran menyelenggarakan acara  International (Outdoor) Seminar on Eco-Development di Observatorium Boscha, Lembang, pada Sabtu, 7 Oktober 2017. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian acara Dies Natalis ke-60  Unpad yang didasari oleh Pola Ilmiah Pokok (PIP) Unpad yaitu  Bina Mulia Hukum dan Lingkungan Hidup dalam Pembangunan Nasional dan sesuai dengan tema besar perayaan Dies Natalis di bidang upaya menjaga kualitas lingkungan di tengah meningkatnya perkembangan ekonomi di Indonesia. Acara ini menghadirkan  Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan , Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc sebagai keynote speaker.

Seminar yang akan dihadiri oleh para pembuat kebijakan, pendidik dan profesional ini nantinya akan diisi dengan diskusi panel .  Sedangkan sebagai  narasumber adalah dari kalangan praktisi, profesional dan akademisi yaitu Chay Asdak, M.Sc., Ph.D.(IoE – Unpad Indonesia), Dr. Laura Franco-Garcia (University of Twente The Neteherlands), Prof. Dr. Jon C. Lovett (Leeds University United Kingdom), Prof. Dr. Maria Victoria Espaldon (UPLB The Phillipines) , Arief Anshory Yusuf, SE., M.Sc., Ph.D. (SDGs Center – Unpad Indonesia), Prof Dr. Shahbaz Khan (UNESCO Regional Asia & Pacific Australia).

Baca Juga :  Subsidi Listrik Ke PLN Rp75,83 Triliun, Wujud Negara Hadir Sediakan Akses Listrik Terjangkau Bagi Masyarakat Miskin

Pada acara ini, Universitas Padjadjaran juga akan memberikan “Otto Soemarwoto Award” kepada insan yang memilki jasa dalam menjaga kualitas lingkungan di tengah pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan dan kemajuan global saat ini.

Penghargaan ini merupakan wujud dedikasi bagi salah satu tokoh pendahulu sekaligus pemprakarsa nilai-nilai dasar Unpad, yaitu Prof. Otto Soemarwoto. Prof. Otto merupakan guru besar Unpad yang gigih mendedikasikan ilmu dan separuh hidupnya di bidang lingkungan hidup.

Berbagai jasa keilmuan dan dedikasi Prof. Otto ini layak untuk dipertahankan sekaligus dilanjutkan. Untuk itu, dalam momentum 60 tahun ini, Anugerah Otto Soemarwoto merupakan kali pertama yang dilakukan Unpad. Anugerah ini secara khusus diberikan bagi akademisi internasional yang konsisten di bidang eco-development. Kriteria akademisi yang terpilih memiliki reputasi keilmuan secara internasional; kredibel, berdedikasi, dan berintegritas; memiliki pengaruh kuat dalam lingkungan akademik maupun kehidupan bermasyarakat; melahirkan beragam inspirasi dan menjadi sosok perintis sekaligus pemberdaya; mandiri; serta memiliki jaringan internasional.

Melalui Anugerah Otto Soemarwoto, Unpad ingin mengokohkan sekaligus mendorong para akademisi untuk tetap berpedoman pada pemikiran Prof. Otto Soemarwoto di bidang lingkungan hidup. Kontribusi pemikiran Prof. Otto melalui PIP Unpad “Bina Mulia Hukum dan Lingkungan Hidup dalam Pembangunan Nasional” dianggap masih relevan hingga sekarang. Dan Diharapkan, penghargaan ini akan memberikan inspirasi baru bagi akademisi terhadap pengembangan pemikiran yang telah disumbangkan Prof. Otto. (humas-unpad/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News