Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar mengajak seluruh pengawas sekolah untuk berperan aktif dalam memastikan peningkatan mutu pendidikan di Kota Denpasar. Pengawas sekolah diharap membantu pemerintah dalam memberikan masukan terhadap kepala sekolah, guru, dan komite sekolah.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar, Wayan Gunawan, didampingi Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Disdikpora Kota Denpasar, Made Subawa, saat penyerahan SK Koordinator Pengawas Sekolah Kota Denpasar periode 2017-2020 kepada Dra. Tatik Dwi Wayuni, S.Pd., Senin (16/10/2017).

‘’Beritahukan blank spot ataupun blind spot atau titik lemah yang tak terlihat oleh para penyelenggara pendidikan di sekolah agar segera dilakukan perbaikan,” tutur Wayan Gunawan.

Menurut Gunawan, untuk menciptakan dunia pendidikan yang berkualitas diperlukan adanya upaya pengawasan yang baik dan menyeluruh. Untuk mewujudkan hal tersebut perlu dibangun kerjasama antara sekolah dengan para pengawas sekolah.

Baca Juga :  Terima Kunker Komisi VIII DPR RI, Pj Gubernur Bali Optimis Dengan Semangat “Ngrombo” Kemiskinan Ekstrem di Bali Tuntas

‘’Keberadaan pengawas sekolah seperti silent actor, meski tidak pernah kelihatan namun mereka memiliki peran yang besar melakukan pengawasan pada sekolah-sekolah. Kerja sama yang baik antara sekolah dan pengawas sekolah akan berhasil dibangun jika dibarengi juga dengan sistem pengawasan yang baik,” ujar Gunawan.

Dia menambahkan, pengawas sekolah sangat penting keberadaannya untuk meluruskan para penyelenggara pendidikan di sekolah agar tidak terjerumus pada kinerja yang tidak baik. Gunawan berharap pengawas sekolah memiliki posisi yang lebih kuat, berperan aktif dalam memastikan peningkatan mutu pendidikan.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Buka Sosialisasi Pengelolaan APBD Kota Denpasar, Wujudkan Tata Kelola Keuangan yang Tertib, Transparan dan Akuntabel

‘’Berikan kontribusi positif untuk penguatan mutu pendidikan melalui pengawalan tugas akademik maupun manajerialnya,’’ pesannya.

Hal senada juga ditegaskan Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Disdikpora Kota Denpasar, Made Subawa, keberadaan pengawas sekolah sangat penting untuk membantu Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olaharaga meningkatkan pendidikan. Contohnya dalam membantu peningkatan gerakan literasi sekolah maupun pendidikan karakter.

Untuk itu, pengawas sekolah dituntut punya kemampuan melakukan supervisi manajerial, evaluasi, penelitian dan pengembangan. Hasil pengawasan yang dilakukan pengawas sekolah menjadi masukan bagi dinas sebagai bahan evaluasi.

Baca Juga :  S.M. Mahendra Jaya Apresiasi Kinerja BPK, Sampaikan Bahwa Hasil Pemeriksaan Penting Sebagai Bahan Evaluasi

“Masa depan dan nasib bangsa dan negara ada di tangan anak-anak kita yang saat ini masih menempuh pendidikan. Oleh karena itu, pengawas sekolah memiliki tanggung jawab besar karena memberikan tuntunan dan jalan keluar bilamana terdapat masalah dan kendala di sekolah,” pungkasnya. (r/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News