Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Serangkaian rampungnya pembangunan Wantian Pura Dalem Penambangan Badung Br. Umahanyar, Desa Adat Penarungan, Kecamatan Mengwi. Masyarakat setempat melaksanakan pemelaspasan dan mendem pedagingan, upacara memelaspasan dan mendem pedagingan ini dihadiri oleh Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Selasa (17/10/2017).

Turut mendampingi Bupati dalam kesempatan itu DPRD Badung asal Penarungan I Wayan Suyasa, Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Badung I Bagus Alit Sucipta, Camat mengwi I Gst N Jaya Saputra beserta tripikanya, Kepala Desa Penarungan Ni Wayan Kerni, Bendesa Adat Penarungan  I Made Widiada serta Tokoh Masyarakat setempat.

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta pada kesempatan itu mendem pedagingan di wantilan  dilanjutkan dengan darma wecana dan mepunia sebesar 25 Juta yang diterima manggala Pura.

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dalam sambutannya memberikan Aprisiasi kepada masyarakat Umahanyar untuk membangun wantilan,  walaupun wantilan ini telah selesai dan telah dipasilitasi oleh anggota Dewan, Pemerintah Kabupaten Badung siap mendukung dan membantu keperluan masyarakat Br Umahanyar ini. Lebih lanjut dikatakan Bahwa Pemerintah Kabupaten Badung Telah melaksanakan Pola Pembangunan Nasional semesta Berencana (PPNSB) semesta itu menyeluruh dan berencana itu terpola.

Baca Juga :  Rayakan HUT Ke-6, SMP Negeri 5 Abiansemal Tanam Ratusan Pohon dan Bhakti Sosial

Dalam PPNSB terdapat lima program yang menjadi sekala prioritas pembangunan yang merupakan  pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat Badung, yaitu pangan sandang dan papan, kesehatan dan pendidikan, jaminan social dan tenaga kerja, seni, Adat, agama dan budaya pariwisata.

“PPNSB di Badung ini sudah berjalan dengan baik dan kami Pemkab Badung komit memberikan pelayanan gratis dibidang kesehatan dan pendidikan , begitu program bedah rumah serta pelestarian seni budaya” ujar Bupati.

Lebih lanjut Giri perasta mengatakan kami dari pemerintah Kabupaten Badung akan memberikan santunan kepada penunggu pasien, pembayaran PBB gratis dan WiFi gratis dari ujung utara sampai ujung selatan se-Badung. Pembangunan di Badung di mulai dari Masyarakat,  untuk itu Bupati siap mendukung dan bertanggung jawab atas pembangunan di desa sehingga ke Depan desa desa  di Badung menjadi Desa berdikari dan mandiri yaitu Desa yang mampu berdiri di atas kaki sendiri.

“Kami Pemkab Badung Komit melaksanakan percepatan pembangunan  di Desa karena simpul pembangunan ada di Desa” tegas Bupati.

Di Tahun 2018 nanti,  Bupati berencana mengambil kebijakan untuk memberikan gaji kepada  Pemangku pura kayangan tiga se-Badung. Kepada Anak anak dan Generasi Muda yang ada di wilayah Br Umahanyar, Bupati juga mengingatkan untuk menjauhi barang terlarang, jauhi mabuk mabukan, jauhi geng motor yang mengganggu kepentingan umum.

Sementara itu Manggala Pura Oka Astawa melaporkan Jumlah penduduk Br Umahanyar berjumlah 755 Orang, ini merupakan pengempon pura dari Pura Dalem Penambangan Badung. Kegiatan kegiatan warga yang ada di Banyar ini ada kegiatan seka Gong Truna Truna, sekaa anglung lansia dan ada juga sekaa gong anak-anak. Biaya yang dihabiskan dalam pembuatan Wantilan pura ini Rp 351 juta, dana ini sebagian besar bersumber dari bantuan yang dicarikan oleh Bapak Wayan Suyasa. (humas-badung/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News