Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyerahkan dana hibah sebesar 2 Miliar, untuk mendukung pembangunan Balai Banjar Batulumbang, Desa Adat Gerana, Desa Sangeh, Kec. Abiansemal, Senin (16/10/2017) lalu. Kehadiran Bupati yang didampingi anggota DPRD Badung IB Sunartha dan Wakil Ketua DPC PDIP Badung I Bagus Alit Sucipta disambut ratusan krama Banjar Batulumbang yang diiringi tabuh bleganjur.

Bupati Giri Prasta menyampaikan bahwa penyerahan bantuan hibah ini sebagai wujud dari upaya pemerintah untuk menjaga kelestarian dan mempertahankan simbul-simbul budaya yang didalamnya mencakup balai banjar sebagai tempat beraktivitas dan berkreativitas dari krama banjar yang bertalian dengan agama, seni, adat dan budaya.

Baca Juga :  Gelaran Internasional KTT WWF Ke-10 di Bali Selesai, PLN Sukses Kawal Kelistrikan Tanpa Kedip

Lebih lanjut Giri Prasta mengungkapkan, pelaksanaan pembangunan di kabupaten badung dilandasi oleh konsep Tri Hita Karana yaitu parhyangan, hubungan harmonis antara manusia dengan Tuhan, pawongan, hubungan harmonis antara manusia dengan sesama manusia dan palemahan, hubungan harmonis antara manusia dengan alam lingkungan.

Untuk itu wujud konkrit dibidang parhyangan dengan membantu pembangunan pura seutuhnya, bidang pawongan dengan memberikan pelayanan kesehatan dan pendidikan gratis, upakara dan upacara juga dibantu agar masyarakat tidak mengeluarkan urunan, sementara bidang palemahan, pemerintah wajib menata wilayah Badung.

Baca Juga :  Gelar Bimtek Ketahanan Pangan, Diperpa Badung Ajak TP PKK Kabupaten Badung Optimalisasi Lahan Pekarangan

“Itulah konsep untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” terangnya. Kelian Dinas Br. Batulumbang, Made Sudiarta, menyampaikan terima kasih atas bantuan hibah yang diberikan Bupati dan DPRD Badung. Bantuan ini memang sangat dinanti-nanti oleh krama Batulumbang, karena sejak lima tahun lalu krama telah merencanakan pembangunan Balai Banjar dan tahun ini berkat bantuan Bupati Giri Prasta, balai banjar Batulumbang dapat dibangun.

“Atas nama krama banjar, kami menghaturkan terima kasih kepada pemkab badung, terutamanya bapak bupati yang telah memdukung pembangunan balai banjar kami,” tambahnya.

Baca Juga :  Rayakan Ulang Tahun yang Ke-5, The Capital Hotel and Resort Bali Umumkan Ekspansinya dengan Pembukaan The Capital Hotel Surabaya

Dijelaskan, untuk pembangunan balai banjar termasuk Jineng dan Balai Kulkul, direncanakan menghabiskan biaya sebesar Rp 2,7 M. Untuk itu kekurangan lagi 700 juta dimohonkan kembali Bupati dapat membantu, sehingga pembangunan balai banjar Batulumbang tuntas. (humas-badung/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News