Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menerima Kepala sub Direktorat Energi Non Ketenagalistrikan Badan Perencanaan Pembangunan (BAPPENAS) Andianto Haryoko di Ruang  Pertemuan Wakil Bupati Badung Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, Kamis (19/10/2017). Turut mendampingi Wabup Suiasa, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan( DLHK) A. A. Ngurah Wila Kusuma dan Bapeda Kabupaten Badung serta tiga badan usaha dari Korea.

Dalam kesempatan tersebut sub Direktorat Energi Non Ketenagalistrikan (BAPPENAS) Andianto Haryoko menyampaikan bahwa BAPENAS dan provinsi  sebagai fasilitator untuk mendukung pembangunan infrastuktur di daerah melalui Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) sehingga proyek proyek yang sudah layak secara finansial dapatkan ditawarkan kepada pihak swasta atau badan usaha baik dalam negeri maupun luar negeri .

Baca Juga :  Polsek Selemadeg Rangkul Todat dan Toga

“Dalam hal ini kami mendorong mekanisme pendanaan KPBU sehingga kedepannya dapat mengurangi beban anggaran pendapatan Daerah ( APBD) terhadap proyek- proyek yang dikerjasamakan sehingga APBD dapat dialokasikan pada  kegiatan lainnya,” ungkapnya.

Sementara itu wakil Bupati Badung Ketut Suiasa memberikan apresiasi kepada Bappenas yang sudah menetapkan Kabupaten Badung dan Kabupaten Buleleng sebagi tempat melakukan study kelayakan untuk penanganan tiga hal yakni penanganan sampah, lampu penerangan jalan umum dan pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

“Kita perlu jajaki (KPBU) ini, dimana awalnya akan dilaksanakan studi kelayakan. Study kelayakan ini akan dapat sebagai referensi untuk membuat kebijakan kebijakan setrategis terkait permasalahan diatas seperti pemanfaatan sampah akan dapat lebih terpola, terukur sehingga nantinya dapat menghasilkan listrik serta  lampu penerangan jalan dapat lebih efisien dari sebelumnya  sehingga dapat mengurangi pembiayaan lampu penerangan. Hasil efiensi Anggaran ini tentu dapat dipergunakan untuk kegiatan lainnya,” pungkasnya. (humas-badung/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :