Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Festival film Pendek Internasional – MINIKINO FILM WEEK tahun ke-3 (3rd MFW) hadir semakin istimewa dan bertambah besar dari tahun sebelumnya. Pada tanggal 7-14 Oktober 2017 di Bali, 3rd MFW akan menayangkan 209 film pendek yang dikemas dalam 42 program.

Film-film pendek dari Indonesia, Asia Tenggara & Internasional ini diseleksi oleh tim programming MINIKINO serta programmer tamu nasional, Asia Tenggara dan Jepang. 3rd MFW hadir di 17 titik pemutaran yang terbagi dalam 11 (sebelas) lokasi pemutaran Micro Cinema dan 6 (enam) lokasi Pop-Up Cinema (Layar Tancap) yang menghadirkan total 114 kali pemutaran. Seluruh program pemutaran tidak memungut biaya, namun akan memberikan panduan batas usia penonton.

Selain menonton bersama di layar lebar, ada perpustakaan video berisi lebih dari 500 judul film pendek Indonesia maupun internasional yang dapat ditonton selama periode festival. Perpustakaan video dibatasi hanya untuk undangan dan semeton Minikino Film Week di lokasi Festival Lounge di Gedung Merdeka lantai 1 – kantor BPPD Denpasar, jalan Surapati no.7.

Acara pendukung 3rdMFW tahun ini meliputi pelatihan akting untuk peserta usia 13-25 tahun bersama Paul Agusta dan workshop “4K Cinematography” bersama Benny Kadarhariarto, serta workshop film untuk pelajar yang mengiringi Pop-Up Cinema.

Baca Juga :  Pembalap Muda Binaan Honda Ayumu Iwasa Akan Tampil Perdana di Sesi Latihan Bebas F1 Grand Prix Jepang 2024

Workshop ini dipersembahkan oleh Panasonic Lumix. Selain itu Minikino Bandstand akan menampilkan para sutradara video klip musik. Mereka akan berbagi pengalaman produksi dengan para penonton. Hadir pula MFW Talks, sebuah ruang diskusi dan berbagi cerita bertema “Creative Community”, “Film Festival” dan “Bali Inside Out”.

Minikino Film Week adalah Festival Film Pendek Internasional terbesar di Indonesia. Festival ini akan dibuka dengan serangkaian MFW Talks pada hari Sabtu siang, 7 Oktober 2017 dan dilanjutkan acara pembukaan malam hari khusus undangan yang menampilkan sebuah program film pendek khusus sebagai Opening Program.

3rd MFW juga telah diawali dengan pra-event berupa kompetisi nasional BEGADANG FILMMAKING yang menantang para pembuat film pendek Indonesia untuk memproduksi film pendek dalam waktu 34 jam pada 2-3 September 2017 lalu. Kompetisi ini diikuti oleh 30 peserta yang lolos dari seleksi pendaGaran awal.

Mereka berasal dari berbagai propinsi di Indonesia. Antara lain: Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kalimantan Tengah, Kalimatan Selatan, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali. Ada enam semi-finalis yang diundang untuk menghadiri Malam Penganugerahan Internasional 3rd Minikino Film Week sekaligus acara penutupan 3rdMFW pada hari Sabtu, 14 Oktober 2017.

Minikino Film Week sejak awal dirancang sebagai festival film yang mendekat pada masyarakat, hadir ditengah masyarakat, menghadirkan film pendek berkualitas, diharapkan menjadi penyeimbang kanal tontonan yang telah tersedia di masyarakat. MFW membangun suasana menonton bersama yang menjadi salah satu nilai penting, memicu kesadaran kolektif terhadap apa yang sedang ditonton dan selanjutnya untuk memikirkan dan membicarakan kembali apa yang telah ditonton.

Baca Juga :  Honda Membuka Fasilitas Museum Honda Racing Gallery di Sirkuit Suzuka, Jepang

Selain itu, MFW juga berharap dapat menjadi pemantik denyut perekonomian dan pariwisata di Bali, melalui kerja sama dengan pelaku usaha di berbagai bidang dalam program “discount partner”. Team 3rd MFW juga mengembangkan paket wisata kreatif yang ditawarkan kepada tamu-tamu festival baik domestik maupun internasional. (r/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News