Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Pada Rabu (6/7) lalu, Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menghadiri undangan masyarakat Desa Adat Semate, Kelurahan Abianbase dan Banjar Serangan, Desa Mengwi. Di Desa Adat Semate, Wabup. Suiasa secara simbolis menyerahkan dana hibah sebesar Rp. 975 juta untuk perbaikan Pura di Desa Adat Semate. Sementara di Mengwi, Wabup. Suiasa meresmikan Balai Banjar Serangan yang baru selesai dibangun.

Penyerahan hibah di Semate bertepatan dengan Pujawali Ratu Gede Dalam, Desa Adat Semate. Wakil Bupati didampingi Wakil Ketua DPRD Badung Made Sunarta, Camat Mengwi I Gst Ngr Jaya Saputra, Tripika Kec. Mengwi, Lurah Abianbase Dewa Rai Wijaya, Bendesa Adat Semate Gede Suryadi dan tokoh masyarakat. Pada kesempatan tersebut, Wabup. Suiasa melakukan persembahyangan bersama dan menyerahkan dana upacara Rp. 25 juta.

Baca Juga :  Apresiasi Usaha Pelindungan Bahasa Bali oleh Balai Bahasa, Sekda Dewa Indra Sebut Pemprov Bali Komit Menjaga Bahasa Bali

Wakil Bupati Badung Ketut Suiasa menyampaikan bantuan dana hibah yang diberikan kepada desa adat Semate dalam rangka mempercepat pembangunan seni, adat, agama dan budaya yang telah menjadi skala prioritas pembangunan di Badung. “Kami harapkan bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat dan pelaksanaan perbaikan tembok penyengker, apit surang, piasan  pura di Desa Adat Semate dapat berjalan lancar, ” katanya.

Kelian Desa Adat Semate Gede Suryadi melaporkan krama Desa Adat Semate terdiri dari satu Desa Adat dan satu banjar adat dan dinas dengan jumlah 71 KK. Krama Semate nyungsung pura khayangan tiga, dalem, desa dan puseh. “Kami atas nama krama desa mengucapkan banyak terima kasih atas kedatangan Bapak Wakil Bupati di acara pujawali ratu gede dalam, sekaligus penyerahan dana hibah rp. 975 juta,” tambahnya. Adapun tujuan dana ini akan digunakan untuk perbaiki bele piasan pura dalem, piasan pura desa, tembok penyengker, bale kulkul, apit surang, bale gong di pura dalem dan dapur yang ada di banjar Semate.

Baca Juga :  Sambut Hari Raya Nyepi, Bandara I Gusti Ngurah Rai Hentikan Sementara Operasional

Sementara saat meresmikan Balai Banjar Serangan, Mengwi, Wabup. Suiasa didampingi anggota DPRD Badung I Nyoman Satria, Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan I Bagus Alit Sucipta, Penglingsir Puri Ageng Mengwi A. A. Gde agung, Camat beserta Tripika Kecamatan Mengwi, perbekel, bendesa adat, kelian adat dan dinas. Pada kesempatan itu, Wabup. Suiasa mepunia 15 juta.

Bendesa adat Mengwi IB. Anom menyamapikan terima kasih atas bantuan yang diberikan dan menyatakan kesiapannya untuk mendukung program pemerintah kabupaten badung. (humas-badung/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News