Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Sebanyak 200 pakar dunia hadri dalam The 5th International Conference on Biological Science (ICBS) 2017. Pada konferensi yang diselenggarakan Fakultas Biologi UGM, tanggal 15-16 September 2017 di East Parck Hotel Yogyakarta ini mendiskusikan hasil-hasil penelitian terkait life science.

Kegiatan diikuti peserta dari tujuh negara di dunia. Beberapa diantaranya adalah Jepang, Swedia, Jerman, Netherland, Australia, Malaysia, dan Indonesia. Dibuka secara langsung oleh Rektor UGM Prof.Ir.Panut Mulyono,M.Eng., D.Eng.

“Biologi memiliki kontribusi penting dalam pembangunan ekonomi. Harapannya melalui konferensi ini nantinya dapat menumbuhkan riset biologi baru dan teknologi biologi yang bermanfaat bagi kehidupan manusia,” tuturnya.

Dekan Fakultas Biologi UGM Dr. Budi S. Daryono, M.Agr.Sc., menyampaikan bahwa penelitian biologi memiliki peran penting dalam mewujudkan kehidupan manusia yang lebih baik dan pembangunan berkelanjutan. Oleh sebab itu penting memajukan bidang keilmuan biologi dan membangun jejaring serta berbagi gagasan dan hasil riset dikalangan ilmuan nasional dan internasional.

Baca Juga :  Disdikpora Badung Matangkan Teknis PPDB 2024/2025 melalui Sosialisasi kepada Kepsek SD dan SMP Negeri

Penelitian biologi merupakan penting dilakukan karena menjadi dasar untuk pengaplikasian yang lebih luas lagi di berbagai bidang sebagai solusi permasalahan di masyarakat. Misalnya,  untuk mendorong ketahanan pangan, mencegah perubahan iklim, mengatasi pencemaran lingkungan, dan lainnya.

Ketua panitia, Tuty Arisuryanti,Ph.D., menyampaikan kegiatan kali ini mengangkat tema “Inventing Prosperous Future through Biological Research”. Konferensi dibagi dalam delapan topik antara lain tentang ekologi dan konservasi, biosistematika, nano bioteknologi, dan biomaterial.

“Melalui konferensi membuka kesempatan besar untuk berbagi ide, gagasan, dan hasil riset yang dilakukan serta membangun kolaborasi untuk penelitian di masa depan,”terangnya.

Menghadirkan pembicara kunci  yaitu Prof.Dr.Keiko Natsuaki, Tokyo University of Agriculture, Jepang. Turut menghadirkan pembicara lain seperti Prof.dr.Herman P.Spaink, Universiteit Leiden, Prof.Dr.Ingo Schubert, Leibinz Institute of Plan Genetics and Crop Plant Research Jerman, Prof.Datin Dr.Maryati Mohamed, Universiti Tun Hussein Onn Malaysia, dan Darmawan Prasodjo,Ph.D., Deputi I Kantor Staf Presiden RI.

Dalam kesempatan tersebut turut dilaksanakan penandatanagn MoU antara fakultas Biologi UGM dengan Faculty of Science, Technology, and Human Development Universiti Tun Hussein Onn Malaysia. Kerja sama dilaksanakan dalam bidang pendidikan dan penelitian meliputi pertukaran mahasiswa dan dosen, kolaborasi riset, dan joint seminar.

Baca Juga :  Bunda PAUD Tabanan Resmikan Gedung TK Negeri Marga

Selain itu juga dilakukan pembentukan tim peneliti retorasi gambut Fakultas Biologi UGM dan Badan Restorasi Gambut. Juga launching model hewan penelitian yakni zebra fish antara IBL Leiden dan Fakultas Biologi UGM. (ika/humas-ugm/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News