Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Puluhan akademisi meliputi mahasiswa, peneliti, dan dosen dari berbagai perguruan tinggi di Amerika, Singapura, Filipina, dan Indonesia berkumpul di UGM menghadiri The 5th Annual Conference on Muslim World 2017. Kegiatan digelar selama dua hari, 18-19 September di FISIPOL UGM untuk mendiskusikan tentang dunia  muslim dan demokrasi secara mendalam.

Konferensi ini merupakan kegiatan  yang diselenggarakan atas kerja sama Departemen Ilmu Hubugan Internasional FISIPOL UGM dengan The Institute for Religion, Politics, and Culture (Program in Islamic, Turkish, and Near-Eastern Studies) Washington College dan Creative Learning, sebuah organisasi berbasis non-profit dari Washington DC. Kegiatan kali ini mengangkat tema “Muslim World”  yang secara lebih spesifik mengulas mengenai keterkaitan dunia muslim dengan demokrasi.

Baca Juga :  Disdikpora Badung Matangkan Teknis PPDB 2024/2025 melalui Sosialisasi kepada Kepsek SD dan SMP Negeri

Koordinator panitia, Yunizar Adiputer, M.A., menyampaikan pemilihan topik demokrasi ini  bukan tanpa alasan. Islam dan demokrasi seringkali dibayangkan sebagai dua entitas yang saling bertolak belakang. Hal ini menjadikan topik menarik untuk diteliti seiring dengan kebutuhan mengevaluasi kembali relasi antara keduanya.

“Selain itu, Indonesia juga merupakan tempat yang dirasa cocok untuk melihat fenomena tersebut lebih jauh,  mengingat Indonesia merupakan negara demokrasi dengan penduduk muslim terbanyak di dunia,” paparnya, Senin 918/9) di sela-sela kegiatan.

Melalui konferensi ini diharapkan dapat menjadi wahana untuk memperdalam diksusi terkait berbagai topik dalam studi dunia Islam dan juga demokrasi. Kegiatan terbagi dalam enam panel dengan topik yang berbeda seperti sisi gela[ demokrasi, islam dan politik, muslim sebgaai minoritas, islam dan politik identitas, demokrasi dan ideologi, serta konsolidasi demokrasi.

Konferensi ini akan menghadirkan Professor Muqtedar Khan dari University of Delaware sebgaai pembicara kunci. Rencananya Muqtedar akan menyampaikan topik tentang Islam dan demokrasi setelah Arab Spring pada (18/9/2017) malam. (ika/humas-ugm/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News