Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – PermataBankir Cilik yang digagas sebagai upaya untuk memberikan pengetahuan literasi keuangan dan perbankan melalui siswa/i SD/SLB kelas 4-5 yang akan bertindak sebagai Duta Menabungterus di tingkatkan kualitasnya secara berkesinambungan.

Di tahun yang ketiga ini, untuk pertama kalinya anak-anak berkebutuhan khusus dari Sekolah Luar Biasa berkesempatan belajar dan menjadi bagian dari PermataHati. 90 siswa/i dari beberapa SD/SLB di sekitar PermataBank seperti SDN Menteng Atas 21 Pagi, SDN Pondok Jaya 02, SDN Pondok Pucung 02, SLB A Pembina Tingkat Nasional dan SLBN 01 Jakarta B-C siap memulai kembali program PermataBankir Cilik berupa pelatihan dan pembekalan edukasi literasi keuangan dan perbankan selama tiga bulan.

Hadir dalam acara ini Ridha Wirakusumah – Direktur Utama PermataBank, Horas Tarihoran – Direktur Bidang Edukasi & Literasi Keuangan OJK, DR Juanda Nilsah – Kasubdit Kurikulum Kemendikbud, Julian Fong – Wakil Direktur Utama PermataBank, para Bankir Cilik, Kepala Sekolah, Guru pendamping dan Relawan PermataBankers.

PermataBankir Cilik sendiri merupakan program tiga bulanan yang melibatkan 15-20 siswa/i terpilih dari Sekolah Dasar Negeri dan/atau Sekolah Dasar Luar Biasa  (binaan PermataHati) yang akan menerima pelatihan langsung dari PermataBank, yang kemudian akan meneruskan pengetahuannya tersebut kepada teman-temannya di sekolah. Memasuki tahun ketiga, PermataBank bekerjasama dengan Maxima (mitraPermataHati) dibantu oleh guru pemimbing di setiap sekolahnya, yang akan mendampingi para peserta Bankir Cilik untuk memastikan kegiatan edukasi literasi keuangan dapat berlangsung secara berkesinambungan.

Baca Juga :  Pertamina Pastikan Pasokan BBM dan LPG Aman Selama Libur Hari Raya Idul Fitri

Ridha Wirakusumah – Direktur Utama PermataBank mengatakan,”Kami senang dapat ikut terlibat dalam Bankir Cilik ini. Program ini merupakan kontribusi nyata PermataBank untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia, khususnya anak-anak. Hal ini sejalan dengan program “Edukasi Literasi Keuangan” dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan gerakan “Ayo Ke Bank” yang dicanangkan oleh Bank Indonesia (BI). Dengan demikian, program ini diharapkan dapat meningkatkan akses edukasi keuangan dan keuangan inklusif bagi anak-anak dari komunitas di lingkungan sekitar PermataBank, terutama yang berusia 6-12 tahun”.

“Yang istimewa di tahun ini adalah untuk pertama kalinya kami melibatkan anak-anak berkebutuhan khusus dari SLB di sekitar lokasi kantor cabang kami mengingat anak-anak tersebut harus memiliki kesempatan yang sama dengan teman-temannya yang lain. Kami sangat bersyukur karena program ini disambut baik oleh pihak sekolah maupun para pemangku kepentingan. Hal ini terlihat dari tingginya animo sekolah yang mendaftar dimana terjadi kenaikan 60% jumlah sekolah yang mendaftar sebagai peserta program dan dari 5 sekolah terbaik yang terpilih, salah satunya adalah sekolah yang berpartisipasi di tahun lalu”, jelas Ridha.

Baca Juga :  Bank Indonesia Bali Buka Penukaran Uang Rupiah di Daerah Wisata Pantai Kuta Kabupaten Badung Bersama Bendesa Adat

Pada peluncuran program PermataBankir Cilik 2017 ini, PermataBank kembali menjalin sinergi dengan OJK melalui penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Tabungan SIMPEL dengan tiga SD Negeri dan dua SD Luar Biasa sebagai peserta program.

Modul PermataBankir Cilik memiliki ragam yang menarik, mulai dari lintas bank (mengenal uang asli dan uang palsu, budaya menabung, mengenal bank, menggunakan ATM), bermain eksploratoris, ular tangga si Bintang, bermain keterampilan dan sosial dan cerita si Bintang,  bermain imajinatif. Dengan bermain, mereka sedang dalam proses belajar. Keuntungan lainnya mereka juga memperoleh ketrampilan berpikir kritis, team work, motivasi, public speaking, kreatifitas dan sportifitas mengenai materi yang dipelajari.

Baca Juga :  Astra Motor Bali Bagikan 50 Paket Sembako Kepada Petugas Kebersihan

Sebagaimana diketahui Pendidikan merupakan fokus utama PermataHati sebagai program tanggung jawab sosial PermataBank. Edukasi literasi keuangan menjadi pilihan, untuk itu PermataHati mengembangkan berbagai program edukasi menarik yang disesuaikan dengan target pesertanya. (r/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News