Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Peningkatan program teknologi di semua bidang terus dilakukan Pemkot Denpasar. Menjalin kerjasama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi langkah percepatan program menuju masyarakat Denpasar yang cerdas, sehat dan berkualitas. Pada Senin (4/9/2017) Walikota I.B Rai Dharmawijaya Mantra bersama Rektor ITB, Prof.Dr.Ir. Kadarsah Suryadi, melakukan kesepakatan kerjasama lewat penandatanganan Memorandum Of Understanding (MOU).

Sebelum penandatanganan MOU dilaksanakan, Walikota Rai Mantra didampingi salah satu guru besar ITB, Prof. Dr. Suhono Harso Supangkat, juga berkesempatan meninjau Lab Smart City and Community di Kampus ITB. Semua perencanaan mengenai smart city di Bandung dikerjakan dalam satu Lab tersebut.

Walikota Rai Mantra mengatakan, sekarang ini di Kota Denpasar mengikuti suatu proses pemerintahan, yang mana pemerintahan itu telah mengalami suatu transformasi didalam reformasi-reformasi didalam pemerintahan itu sendiri.

Dimana sejak tahun 2008/2009 Pemkot sudah mengikuti dan sepakat  untuk merubah paradigma didalam pemerintahannya yang waktu itu Pemerintah Pusat mengenalkan sistem reformasi birokrasi dengan government, yang pada waktu itu berupa website untuk memperlihatkan sebatas profile sebuah kota. Dari sanalah mulai adanya sebuah transparansi serta akunbilitas dan transaksi-transaksi atau proses secara elektonik seperti, e-bugeting, e-planing dan sebagainya. Itu merupakan sebuah proses yang harus dilakukan di pemerintahan agar lebih efektif.

Baca Juga :  Wujudkan Keanggotaan yang Berperan Aktif dan Berkontribusi, Pj Gubernur Bali Kukuhkan Kepengurusan PWRI Provinsi Bali 2024-2029

Untuk itu perlu ada nya sebuah pengentahuan akan smart city dengan tantangan mengubah pola pikir dari pada Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat menjadi orang-orang yang mengetahui tentang teknologi, terutama di Pemerintahan.

Lebih lanjut Rai Mantra mengatakan,walaupun demikian smart city juga tidak berpatakon kepada teknologi saja melainkan disemua bidang. Yang mana teknologi merupakan suatu yang mendukung dan akurat didalam memberikan suatu keputusan, dengan sebuah tantangan yang harus dikerjakan kedepannya.

Untuk itu kerja sama ini nanti nya akan sangat bermanfaat kedepan nya bagi denpasar, terutama bagi masyarakat. “Saya mengucapkan terimakasih karena ITB sudah bisa berkerja sama dengan Pemkot Denpasar mengenai peningkatan kapasitas Denpasar menuju Kota Smart City di berbagai bidang’, ungkanya. Dimana sebelumnya Pemkot Denpasar juga sudah lama menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kota Bandung seperti di dalam prakarsa membangun Kota Cerdas.

Sementara Rektor ITB Prof. Kadarsah Suryadi mengapresiasi kerja sama antara Pemkot Denpasar dan ITB  mengenai smart city, karena sudah mempercayakan kepada ITB mengenai smart city. Dimana smart city merupakan bagaimana sistem kehidupan kota terjaga dan terjamin di dalam roda kehidupan masyarakat kekininian. Dimana smart city itu memiliki lingkup yang cukup banyak seperti bidang teknologi pariwisata serta pengembangan seni budaya, teknologi pengelolaan kebersihan lingkungan, teknologi perikanan, teknologi pertanian, perternakan, teknologi usaha mikro kecil, smart city, teknologi pengembangan serta pengembangan dan banyak hal lagi. “Mudah-mudahan kerja sama ini bisa saling memberikan efek yang baik mengenai smart city antara Pemkot Denpasar dan ITB”, ungkapnya. (ays’/humas-dps/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News