Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Guna terus meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat mulai dari lapisan terbawah dan memudahkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara optimal, Pemerintah Kota Denpasar yang pada kesempatan ini melalui Dinas Kesehatan Kota Denpasar bersinergi dengan The John Fawcett Foundation (JFF)  terus menggelar kegiatan Safari Kesehatan keliling, Rabu (6/9/2017) yang kali ini menyasar masyarakat Desa Dangin Puri Kangin, Denpasar Utara yang dipusatkan di Banjar Merta Rauh Kaja.

Selain menjadi sarana bagi masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan, safari kesehatan juga menjadi wadah edukasi untuk menjaga pola hidup sehat bagi masyarakat, yang mana safari kesehatan kali ini juga dirangkaikan dengan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang jatuh pada bulan November mendatang.

Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Denpasar, dr. Ayu Witriasih mengatakan, Safari kesehatan kali ini bekerjasama dengan Puskesmas I Denpasar Utara sebagai pemberi pelayanan kesehatan, John Fawcett Foundation yang mengkhsusukan pemeriksaan kesehatan mata, klinik-klinik yang ada di wilayah Desa Dangin Puri Kangin yang melayani pemeriksaan penyakit tidak menular seperti kolesterol, gula darah dan asam urat dan yayasan peduli kemanusiaan (YPK) Bali yang memberikan pelayanan psioterapi, serta ada juga pemeriksaan THT kepada masyarakat dan Posyandu pada balita.

“Pelayanan Safari Kesehatan sekarang ini terus meningkatkan pengobatan serta pengecekan kesehatan kepada masyarakat dengan memberikan pelayanan secara optimal dengan berbagai cara, dikarenakan pengobatan penyakit itu tidak semua harus diatasi dengan menggunakan obat, bsa juga dengan terapi” ujar dr. Ayu Witriasih.

Baca Juga :  Astra Motor Bali Ajak Anak Yatim dan 40 Konsumen Loyal Honda Buka Puasa Bersama

Semantara Perbekel Desa Dangin Puri Kangin, IGN Putrawan mengatakan, kegiatan safari kesehatan di Desa Dangin Puri Kangin kali ini dipusatkan di Banjar Mertha Rauh Kaja. Dimana safari kesehatan terpadu keliling ini sangat bagus, dikarenakan masyarakat bisa datang langsung ke banjar-banjar di wilayah desanya untuk memeriksakan kesehatan dengan sekali datang bisa melakukan pengecekan berbagai analisa kegiatan. Terutama para lansia dan balita, sebab di Desa Dangin Puri Kangin ini dominan di penduduknya para lansia dari jumlah penduduk keselurahan sebanyak kurang lebih 10.000 orang sebagianya lansia kisaran umur 70 tahunan. Jadi diharapkan dengan safari kesehatan seperti ini kualitas kesehatan hidup masyarakat  bisa terus meningkat dengan kesadaran diri akan pentingnya hidup sehat.

Salah satu masyarakat Banjar Mertha Rah Kaja, Ni Wayan Sarini (72th) mengatakan, “saya sangat terbantu dengan adanya safari kesehatan keliling ini. Dikarenakan  saya bisa berjalan langsung untuk mengecek kesehatan saya saya sendiri karena dekat sekali dengan rumah saya.

Baca Juga :  Tahun 2024, Distan Denpasar Targetkan Vaksinasi Rabies Sasar 73.975 HPR

Selain mengecek kesehatan mata, saya juga bisa mencoba pisioterapy untuk melancarkan peredaran darah dibagian punggung yang sering sakit”, ungkapnya. Mudahan safari kesehatan seperti ini bisa terus belangsung karena sangat membantu masyarakat didalam menjaga kesehatannya. (ays’/humas-dps/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News