Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga menggelar Kegiatan Gerakan Badung Membaca di lapangan Selatan Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, jumat (8/9/2017). Hadir dalam kesempatan tersebut Staf ahli Bidang kemasyarakatan dan Sumber daya manusia Made Witna, Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dann Olahraga kabupaten Badung Ketut Widia Astika, Guru-guru SD se Badung serta peserta lomba.

Dalam sambutan Bupati Badung yang dibacakan oleh Staf ahli Bidang kemasyarakatan dan Sumber daya manusia Made Witna dikatakan minat baca dari masyarakat di Indonesia masih rendah bahkan menurut data The Organisation For Economic Co-Operation and Develovment (OECD) budaya membaca masyarakat Indonesia berada diperingkat ke 52 di Asia.”bahkan menurut UNESCO tahun 2012 anak-anak Eropa dalam setahun rata-rata  menghabiskan 25 buku sementara anak di Indonesia dari 1000 anak hanya 1 anak yang mampu menghabiskan 1 buku dalam setahun.Ini adalah persoalan penting bagaimana kita bisa menyiapkan masa depan Indonesia jika tingkat literasi begitu rendah ?’” ungkapnya.

Baca Juga :  Badung Raih MURI Senam Yoga Tertawa Peserta Terbanyak

Lebih lanjut Witna mengatakan Pemerintah Kabupaten Badung mempunyai kewajiban untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Langkah yang dilaksanakan antara lain menumbuhkan budaya gemar membaca bagi anak-anak sekolah. “ Kita tahu perubahan begitu cepat terjadi salah satu penyebabnya revolusi teknologi untuk itu saya tekankan kepada semua pihak agar budaya membaca terus ditingkatkan sejak dini sehingga di harapkan generasi muda akan mempunyai wawasan yang lebih luas dalam segala bidang sehingga bisa menghadapi perubahan yang terjadi. Melalui Gerakan Badung membaca ini saya harapkan para pendidik maupun stakeholder lainnya mampu memotivasi dan meningkatkan minat baca anak didik disekolah,” ajaknya.

Sementara itu  Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga kabupaten Badung Ketut Widia Astika menyampaikan tujuan dari Gerakan Badung Membaca adalah untuk meningkatkan minat dan budaya baca anak, menumbuhkan motivasi semangat untuk berkompetisi bagi anak, mewujudkan generasi Indonesia cerdas. “Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan lomba seperti lomba mengarang, lomba cerpen, lomba mesatua Bali, Cerdas Tangkas, lomba yel-yel, lomba bercerita, menulis surat untuk Bupati badung, lomba koreo badung membaca dan pemilihan Duta Baca. Kegiatan lomba ini telah dilaksanakan sejak sebulan yang lalu dan hari ini penyerahan hadiah,” paparnya.

Baca Juga :  Setubuhi Anak di Bawah Umur, WD dan Istrinya Dibekuk Satreskrim Polres Badung

Juara untuk Koreo badung membaca, juara I diraih Kecamatan Kuta Utara, Juara II Kecamatan mengwi dan juara III Kecamatan Abiansemal. (humas-badung/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :