Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Setelah berlangsung selama 23 hari dengan berbagai lomba baik Olahraga maupun Seni, Porsenides (Pekan Olahraga dan Seni Desa) Sibanggede ditutup Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa yang ditandai dengan Pelepasan Balon bersama, Rabu (16/8/2017).

Turut hadir anggota DPRD Badung I Nyoman Wiradana, Tripika Kecamatan Abiansemal, Perbekel, Bendesa Adat, Kelian Dinas/Adat dan masyarakat, bertempat di Lapangan Jaba Pura Dalem Desa Adat Sibanggede.

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa dalam sambutannya menyampaikan, apresiasi dan terima kasih atas pelaksanaan Porsenides ini dengan lancar  berlandaskan budaya yang merupakan kebanggaan kita bersama. Program-program yang telah ditetapkan Pemerintah bersama DPRD semuanya telah dilandasi, bingkai dan bungkus dengan budaya yang telah menyebar di Desa/Kelurahan setidak-tidaknya melalui even Porsenides, yang merupakan suatu bukti kita telah melaksanakan landasan budaya tersebut.

“Selain sejatinya kita menunjukan identitas diri dan memperkokoh jati diri yang berlandaskan budaya, kegiatan Porsenides ini dapat  diibaratkan sebagai suatu barang/benda, budaya merupakan satu-satunya alat/media yang tidak tercemari oleh hal-hal kondisi sosial kita, sebagai perekat, pelekat dan menghubungkan segala potensi-potensi yang ada di masyarakat itu sendiri,” terangnya.

Baca Juga :  “Cinta Suci” Semakin Menarik Perhatian Pemirsa SCTV

Budaya merupakan satu-satunya alat perekat dan pemersatu sebagai krama Badung khususnya dan Bali pada umumnya, sehingga rasa menyama braya, persatuan dan kesatuan kita pegang teguh, konsisten dan konsekuen untuk menjaganya. Karena ini merupakan modal utama kalau kita ingin berhasil dalam menjalankan agenda-agenda kewajiban, baik yang bersifat formal mapun sosial untuk menunjukan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

Untuk kedepannya Suiasa berharap agar kegiatan Porsenides ini dapat dilanjutkan secara berkesinambungan setiap tahun dan setelah itu akan dilaksanakan di tingkat Kecamatan yang disebut dengan Porsenicam serta akan dilanjutkan di tingkat Kabupaten, sehingga jenjang ini khususnya bagi para artis dan atlit memiliki kesempatan untuk menampilkan diri bahwa dia memiliki potensi. Sebagai dana motivasi Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menyerahkan bantuan sebesar Rp. 28,7 juta.

Baca Juga :  Dukung Kemudahan Berusaha, Menkumham Luncurkan Aplikasi Perseroan Perorangan

Sementara itu Ketua Panitia I Made Wira Adiarta Puspita melaporkan, pelaksanaan Porsenides Sibanggede yang rutin dilaksanakan setiap tahun bukan semata-mata untuk memperoleh juara dalam setiap perlombaan, melainkan untuk mencari bibit-bibit yang ada di setiap banjar dan juga sebagai sarana untuk memupuk rasa persatuan dan persaudaraan di lingkungan masyarakat Desa Sibanggede.

Dengan pelaksanaan Porsenides ini diharapkan dapat sebagai saran pembelajaran kepada generasi muda terutama di bidang seni, budaya dan olahraga, sehingga dengan demikian pelestarian seni dan budaya dapat senantiasa terjaga keutuhannya. (humas-badung/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :