Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Pelaksanaan kegiatan TMMD Kodim 1619/Tabanan di Desa Jelijih Punggang, Pupuan, memasuki hari terakhir, dan akan ditutup pada Rabu (2/8/2017). “Sasaran pokok TMMD telah dirampungkan 100 persen. Demikian pula sasaran tambahan telah dilaksanakan dengan baik,” ungkap Dandim 1619/Tabanan Letkol Herwin Gunawan, Selasa (1/8/2017).

Menurut Dandim Herwin, semua itu berkat kerja keras antara Satgas TMMD ke-99 dan masyarakat Jelijih Punggang. Di antaranya dalam melaksanakan gotong-royong menyelesaikan tugas berat tersebut sejak dibuka pada 4 Juli 2017.

Baca Juga :  Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri, Lapas Tabanan Buka Kunjungan Keluarga

“TMMD merupakan program TNI yang disinergikan dengan program pemerintah daerah, dalam rangka membantu mewujudkan kesejahteraan masyarakat di pedesaan. Sasaran TMMD ini merupakan program yang diajukan masyarakat secara terencana. Sasaran TMMD di Tabanan tahun ini berupa sasaran fisik dan nonfisik,” ujarnya.

Dijelaskan pula bahwa sasaran fisik berupa pengerasan dan pelebaran badan jalan sepanjang 1.175 meter, dengan lebar tiga meter. Selain itu juga betonisasi, pembuatan senderan, dan pembuatan gorong-gorong yang rampung tepat waktu. Pencapaian hasil kerja yang cukup cepat ini tidak terlepas dari pelaksanaan pra-TMMD.

Baca Juga :  Pemkab Tabanan Rutin Gelar Apel Hari Kesadaran Nasional

Di samping sasaran fisik tersebut, yang tidak kalah penting adalah sasaran nonfisik. Di antaranya berupa penyuluhan tentang wawasan kebangsaan atau bela negara, terorisme, narkoba, pertanian, industri rumahan, radikalisme dan intoletansi, serta pemutaran film perjuangan.

“Sasaran nonfisik itu diharapkan dapat menyentuh sikap dan perilaku masyarakat, agar timbul rasa persatuan dan kesatuan dengan TNI dalam menjaga keamanan bangsa Indonesia,” tandasnya.

Pembangunan jalan di Jelijih Kelod juga diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat, guna meningkatkan perekonomian masyarakat. Selain itu juga melancarkan transportasi masyarakat setempat, sehingga kesejahteraan masyarakat akan meningkat.

“Disamping itu, dengan TMMD ini diharapkan dapat membina hubungan baik antara TNI dan masyarakat, sehingga tercipta kemanunggalan TNI dengan rakyat, demi menjaga dan menegakkan kedaulatan NKRI,” tegas Letkol Herwin. (ita/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News