Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) bersama Maybank Foundation, yayasan sosial yang dimiliki Maybank Group, kembali melaksanakan program pemberdayaan ekonomi bagi komunitas penyandang disabilitas bertajuk “Reach Independence & Sustainable Entrepreneurship” (RISE) di Bali

Program RISE merupakan program pembinaan kewirausahaan (entrepreneur mentorship) kepada para penyandang disabilitas, yang bertujuan untuk membangun dan meningkatkan kapabilitas usaha mikro-UKM sehingga dapat memberikan dampak positif bagi komunitas di sekitarnya.

Program menerapkan metode pelatihan 3 (tiga) hari, yang dilanjutkan dengan program mentoring terstruktur kepada para penerima manfaat selama 3-6 (tiga-enam) bulan.  Dalam masa pelatihan, para peserta penyandang disabilitas akan dibekali dengan pengetahuan pengelolaan keuangan, strategi pemasaran dan perubahan pola pikir (mindset).  Kemudian dalam program mentoring, para peserta akan didampingi mentor secara personal dalam upaya meningkatkan pendapatan dan kapasitas usaha, yang pada akhirnya bertujuan meningkatkan taraf hidup para penyandang disabilitas.

Di Bali, program  pelatihan diberikan kepada 65 penyandang disabilitas, dimana pelatihan akan dilakukan bagi 35 penyandang disabilitas di Denpasar pada 29-31 Juli 2017, dan 30 penyandang disabilitas di Gianyar pada 2-4 Agustus 2017. Peserta pelatihan diantaranya telah merintis dan membangun usaha di bidang konveksi, makanan, kerajinan tangan dan elektronika.  Pelaksanaan program RISE di Bali ini merupakan awal dari rangkaian program untuk memberikan pelatihan kepada 2.000 penyandang disabilitas yang akan dilakukan selama 2 (dua) tahun ke depan, di sedikitnya 7 (tujuh) kota di Indonesia. Program ini menyusul pilot project program RISE sebelumnya yang telah diberikan kepada 211 penyandang disabilitas di Jakarta dan Yogyakarta.  Dari implementasi Program RISE pilot project hingga Juli 2017, sebanyak 40% peringkat terbaik dari penyandang disabilitas, yang mengikuti program ini, telah berhasil memulai/meningkatkan pendapatan usaha rata-rata hingga 351,8%.

Baca Juga :  Aplikasi Media Tiga Dimensi Organ Pencernaan Muncul dari Kolaborasi Mahasiswa dan SMP Sapta Andika Denpasar

Maybank Indonesia memiliki komitmen untuk selalu berada di tengah komunitas serta tumbuh dan berkembang bersama komunitas, termasuk komunitas penyandang disabilitas, dimana hal ini sejalan dengan misi humanising financial services. Program ini akan memberikan kontribusi positif dalam pemberdayaan ekonomi yang merupakan salah satu fokus corporate responsibility Maybank Indonesia.

Dengan peningkatan kapabilitas usaha, para penyandang disabilitas bukan hanya dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi sesama komunitas penyandang disabilitas tetapi juga dapat mempekerjakan orang lain, termasuk dari masyarakat marjinal di sekitarnya sehingga dapat memberikan multiplier effect bagi masyarakat di sekitarnya.  Dalam pelaksanaan program ini, Maybank Indonesia dan Maybank Foundation menjalin kemitraan dengan People Systems Consultancy.

Baca Juga :  OJK Bali dan Badan Zakat Nasional Menyelenggarakan Kegiatan Edukasi Keuangan Syariah

Melalui program RISE, Maybank Group turut mendukung upaya membangun komunitas berdikari, menjangkau lebih banyak penerima manfaat dan berdampak positif bagi masyarakat.

Pelaksanaan program RISE sebelumnya telah dilakukan di Malaysia dan dikembangkan ke regional.  Implementasi program RISE di Malaysia yang dilaksanakan sejak September 2014 berhasil mencapai kesuksesan di mana pada April 2015, berhasil meraih 411,7% rata-rata kenaikan pendapatan dari 40 peserta terbaik. Pada saat tersebut, program RISE telah diikuti lebih dari 1.800 peserta di Malaysia, dan Indonesia telah diputuskan menjadi negara untuk mengembangkan program ini selanjutnya.

Baca Juga :  Bulan Ramadhan dan Hari Paskah, The Nusa Dua Siapkan Penawaran Menarik

Di regional, pada implementasi Tahap 2, program RISE pada Juli 2017 sudah menjangkau total 1.866 penerima manfaat yang berasal dari tiga negara, masing-masing 1.400 dari Malaysia, 211 dari Indonesia dan 255 dari Filipina, dengan meraih 356,4% rata-rata kenaikan pendapatan dari 40 peserta terbaik.

Program RISE telah menjadi contoh upaya Maybank untuk memenuhi program inklusi keuangan seperti dicanangkan oleh beberapa pemerintah di regional, khususnya bagi masyarakat pra-sejahtera dan kaum marjinal.  Masih banyak penduduk ASEAN yang belum bankable (underbanked), termasuk para penyandang disabilitas yang kurang diuntungkan dengan inklusi keuangan dan mendapatkan fasilitas keuangan untuk meningkatkan produktivitas, untuk menabung dan mengumpulkan aset serta meningkatkan kesejahteraan. (r/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News