Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Tahun 2017, Minikino kembali melaksanakan program tahunan S-Express Indonesia. Program ini telah dilakukan di Indonesia sejak tahun 2003 dan sampai saat ini masih merupakan jalur distribusi satu-satunya yang menghubungkan berbagai negara-negara di Asia Tenggara dalam bentuk pertukaran program film pendek secara rutin satu kali tiap tahunnya. S-Express juga meliputi kegiatan screening (pemutaran program film pendek) dan diskusi terbuka yang diikuti oleh para programmer, filmmaker yang karyanya terpilih pada tahun tersebut serta terbuka untuk penonton umum di masing-masing negara yang terlibat.

Program S-Express 2017 Indonesia secara resmi telah selesai dikurasi dan siap untuk didistribusikan kepada penonton. Telah terpilih 5 film pendek Indonesia yang tahun ini menampilkan esensi kemanusiaan dalam persaingan, harapan, kepercayaan dan agama, di mana sifat-sifat dasar manusia terlihat jelas.

Baca Juga :  Pertamina Goes to Campus 2024 Resmi Dibuka

Berikut adalah detail ke-5 film pendek dalam S-Express 2017 Indonesia:

  1. IJUM BALOGO (sutradara: Husin / 2017 / durasi 02:20)
  2. BUNGA DAN TEMBOK (sutradara: Eden Junjung / 2016 / durasi: 16:27)
  3. REFORM (sutradara: M.Ramza Ardyputra / 2016 / durasi: 6:06)
  4. SEPANJANG JALAN SATU ARAH  (sutradara: Bani Nasution / 2016 / durasi: 16:00)
  5. PANGREH (sutradara: Harvan Agustriansyah / 2016 / durasi: 16:33)

Penyusun dan penanggung jawab program S-EXPRESS 2017 INDONESIA adalah Fransiska Prihadi, yang juga adalah direktur program untuk Festival Film Pendek Internasional the 3rd Minikino Film Week, Bali, pada tanggal 7 – 14 Oktober 2017 nanti. Dalam acara tersebut  akan diputar seluruh program film S-Express dari negara Asia Tenggara yang terlibat tahun ini yaitu  Singapore, Malaysia, Thailand, Phillipines, Myanmar, Vietnam.

Baca Juga :  Indonesia Usulkan 'Centre of Excellence' Jadi Solusi Masalah Iklim

Program S-Express 2017 Indonesia direncanakan akan berkeliling dan diputar di berbagai negara. Beberapa festival film telah mengumumkan bahwa program ini akan diputar dan jadi bagian program di Thai Short Film & Video Festival di Bangkok (29 Agustus – 10 September 2017) serta Wathann Film Festival di Yangon, Myanmar (6-11 September 2017).

Minikino juga membangun kerja sama dengan beberapa festival film pendek dunia, yang saat ini  sedang dalam tahap kurasi serta programming, sehingga tetap terbuka kemungkinan program S-Express 2017 Indonesia juga diputar di wilayah Internasional yang lebih luas lagi. (r/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News